4 Hal Penyebab Perut Buncit dan Cara Mengatasinya

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Penimbunan lemak yang berlebihan dalam tubuh, terutama di perut menyebabkan perut menjadi tampak buncit atau membesar. Akibat adanya penimbunan lemak tersebut, seringkali membuat orang menjadi kurang percaya diri, bahkan lebih senang mengasingkan diri daripada dicemooh oleh orang lain. Oleh karena itu perlu kita mengetahui apa penyebab terjadinya perut buncit dan bagaimana cara mengatasinya.

Revolusi Ilmiah - Perut buncit

Penyebab Perut Buncit

Hal-hal berikut ini adalah menyebab terjadinya perut buncit, yang memang sebaiknya kita hindari, karena efek yang ditimbulkan pada umumnya kurang baik.

1. Stres

Stres atau terlalu banyak pikiran menyebabkan keseimbangan hormonal terganggu, selain itu juga pada beberapa orang yang mengalami stres memiliki kecenderungan untuk makan berlebihan, hal tersebut menyebabkan kenaikan berat badan dan tentu saja membuat timbunan lemak yang ada dalam perut menjadi lebih banyak.

2. Makan pada tengah malam

Makan tengah malam mengadung pengertian bahwa makan diantara waktu tidur. Kita mengetahui bahwa waktu tidur adalah saat metabolime yang paling basal dari tubuh, sehingga makanan yang ada dalam perut pada saat tidur tidak dapat diolah sebagaimana mestinya, sehingga terkadang pula mengganggu proses tidur, selain meningkatkan resiko kegemukan. Disarankan untuk konsumsi pada malam hari adalah minimal 1 jam sebelum tidru malam.

3. Kurang tidur

Kurang tidur ini berkaitan erat dengan terjadinya stres, karena pada saat seseorang kurang tidur, karena mungkin harus begadang, terjadi peningkatan hormon kortisol (Hormon stres) sehingga mendorong seseorang untuk makan maupun minum berlebihan.

4. Minum-minuman bersoda

Menurut penelitian yang diterbitkan Lifespan, apabila seseorang mengkonsumsi 1 kaleng soda, dapat menyebabkan lingkar pinggang meningkat 5 kali lebih cepat dibandingkan dengan orang tanpa soda, sebab soda mengandung kadar gula yang tinggi dan memicu seseorang untuk makan lebih banyak.

Cara Mengatasi Perut Buncit

Revolusi Ilmiah - Olahraga teratur
Cara yang paling efektif dan efisien sebenarnya adalah dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat serta konsumsi makanan bergizi yang sesuai, sebagai tambahan, hal-hal berikut dapat dijadikan masukan untuk membantu mengurangi perut buncit yang terjadi :
  • Konsumsi teh hijau
  • Kurangi makanan yang berlemak dan berkarbohidrat tinggi
  • Cukupi kebutuhan air putih yaitu 1 hari minimal 2 liter
  • Makan kacang dengan serotoninnya mampu meningkatkan pembakaran lemak tubuh
  • Istirahat dan tidur malam yang cukup minimal 4-8 Jam sehari
  • Manajemen stres dengan baik (Baca juga : 4 cara mengatasi stres dan depresi)
  • Olahraga yang teratur

Demikian penyebab perut buncit dan cara mengatasinya, semoga dapat memberikan wawasan kepada kita, terutama mereka yang mengalami perut buncit, jangan minder, ketahui penyebabnya kemudian hindari dan lakukan hal-hal yang dapat mengatasinya. Semoga berhasil dan memiliki tubuh yang ideal kembali. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »