7 Fakta Unik Wow Tentang India

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. India merupakan salah satu Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia (Nomer 2 setelah Tiongkok). Negara dengan semboyan "Hanya kebenaran yang berjaya" itu memiliki sejarah yang baik dalam jalur perdagangan sutra/jalur sutra. Kemajuan yang terjadi di India, diakui oleh dunia, baik dari segi ekonomi, politik sampai dengan pengembangan nuklir. Selain perkembangan yang terjadi di India, ternyata Negara yang terkenal karena Industri perfilman Bollywood ini memiliki beberapa keunikan yang tidak dimiliki oleh negara manapun di dunia.

Revolusi Ilmiah - Kepadatan dan tercemarnya Kota New Delhi
Foto : kaskus.co.id

Keunikan India

Sebagian besar orang mengenal India karena Industri Perfilmannya, ada pula yang karena jumlah penduduk terbesarnya, namun pernahkah Anda mengenal India dari segi tercemarnya suatu kota di India? Serta Negara dengan ekspor rambut terbesar di Dunia? Kita simak liputan selengkapnya, diambil dari berbagai sumber.

1. New Delhi, kota tercemar di dunia

Ibukota India adalah New Delhi, pusat birokrasi dan pemerintahan di India, suatu kota paling gemerlap di India. Menjadi pusat pariwisata dan industri perfilman yang terkenal serta kota terpadat se India. Namun sayangnya tata kota serta kepemilikan kendaraan yang tinggi di kota ini menjadikan New Delhi menjadi kota yang sangat kotor akibat pencemaran udara oleh kendaraan. Menurut WHO, New Delhi memiliki 2,5 mikrometer tingkat partikulat, yang menandakan bahwa kota tersebut sangat berbahaya. (Catatan : Partikulat adalah partikel halus yang menandakan adanya polusi udara. 2,5 menandakan tingkat polusi yang berbahaya.)

Revolusi Ilmiah - Gurun di India
Foto : Edukasi

2. Gurun India, Luasnya 3 kali luas Negara Inggris

25 persen luas India berubah menjadi gurun tandus dalam beberapa dekade ini akibat pola curah hujan sangat tinggi yang menyebabkan degradasi lahan di India. Luas tanah yang terdegradasi sekitar 81 juta hektar, jumlah itu setara dengan 3 kali luas Negara Inggris. Fenomena itu menyebabkan ketahanan pangan di India akan mengkhawatirkan.

Revolusi Ilmiah - Rumah termahal India
Foto : Hotlips

3. Rumah Termahal di India, Harganya sama dengan PDB Somalia

Rumah milik miliader India Mukesh Ambani di Antilla berharga 1,3 miliar dolar AS, menjadikan rumah itu menjadi rumah termahal di India dan dunia. Harga rumah itu setara dengan PDB Negara Somalia.

Revolusi Ilmiah - Jalan di India
Foto : Spartastrategy

4. Jalan di India, Panjangnya sama dengan 117 kali keliling bumi

Jaringan jalan di India sangat-sangat panjang dan rumit. Menurut CIA World Factbook, jalan di India tersebut bila ditotal mencapai kurang lebih 4,7 juta kilometer (salah satu jaringan jalan terpanjang di dunia). Sehingga, jika dibandingkan dengan keliling bumi (yang "hanya" 40.075 kilometer), maka untuk menempuh jarah seluruh jaringan di India, sama saja berkeliling bumi 117 kali.

Revolusi Ilmiah - Kota terbasah di dunia
Foto : Maakamakya

5. Cherrapunjee, Tempat terbasah di Dunia

Menurut weather.com, Kota Cherrapunjee memiliki curah hujan yang sangat tinggi, 463,55 inchi. Curah hujan inilah yang menjadikan kota tersebut menjadi kota paling basah di dunia. Hujan "terlampau" sering, terjadi di kota ini. Namun, hal tersebut menjadikan kota Cherrapunjee menjadi salah satu daya tarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

Revolusi Ilmiah - Menggelengkan kepala di India
Foto : Nyitnyit

6. Menggelengkan Kepala, Berarti Setuju

Salah satu keunikan dari budaya India adalah bahwa tradisi menggelengkan kepala. Di India, menggelengkan kepala bukan berarti menolak atau tidak setuju, malah sebaliknya, menggelengkan kepala berarti setuju. Oleh karena itu, berhati-hatilah jika Anda ingin menolak sesuatu, jangan menggelengkan kepala.

Revolusi Ilmiah - Ekspor rambut di India
Foto : Faktaunik

7. Ekspor rambut, Setiap tahunnya mencapai 415 juta dolar

Di India, ramut dijadikan sebagai komoditas ekspor, komoditas tersebut digunakan untuk pembuatan wig atau hair extention. Ekspor rambut di India mencapai 415 juta dolar AS setiap tahunnya (menurut The Economic Times). Penyumbang utama dari komoditas rambut tersebut adalah umat Hindu yang menyumbangkan rambut mereka di kuil-kuil sebagai persembahan spiritual, terutama sekali bagi yang tidak mampu menyumbangkan uang atau perhiasan mereka (setiap hari diperkirakan 40ribu penyumbang rambut di India).

Demikian 7 hal unik mengenai Negara India yang berbeda dengan negara-negara lain di dunia. Semoga bisa menambah khasanah pengetahuan kita terhadap India, siapa tahu suatu waktu nanti Anda akan mengunjungi negara dengan mata uang Rupee tersebut. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »