5 Tips Mendidik Si Kecil Melalui Tontonan yang Bermanfaat

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. Tontonan melalui televisi adalah salah satu pendamping dalam kehidupan anak dan keluarga. Namun, ternyata tidak semua tayangan televisi baik untuk dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, terutama untuk balita dan anak-anak. Hal tersebut disebabkan karena lebih dari 70% isi siaran televisi didominasi hiburan yang kurang mendidik bagi anak. Bahkan pada saat ini, perilaku negatif pada anak-anak Indonesia banyak diadopsi dari siaran televisi. Lantas bagaimana solusinya?

Revolusi Ilmiah - Pendampingan orang tua dan anak
Pendampingan orang tua dan anak. (Foto : jawaban(dot)com)

Tips Mendidik Si Kecil Melalui Tontonan

Berikut ada 5 tips yang dapat dilakukan oleh orang tua supaya dapat mengontrol dan mengawasi anaknya dalam menonton televisi, sehingga tontonan tersebut dapat berguna untuk proses perkembangan anak tersebut secara tepat.

1. Pilih tontonan sesuai usia

Batasan usia untuk tontonan perlu ditetapkan dalam proses pemberian tontonan terhadap anak. Apabila seorang anak terlalu banyak menghabiskan waktu di depan televisi maka dia akan kehilangan proses tumbuh kembang lain yang penting semisal tidur dan bermain.

2. Bersikap bijaksana dalam memilih program tontonan

Bijaklah kita (orang tua) dalam memilih program yang sesuai untuk anak, hal tersebut merupakan langkah awal yang sangat penting untuk memastikan bahwa orang tua tidak salah memberikan tontonan untuk anak. Program yang dipilih harus sesuai dengan usia anak karena hal tersebut berkaitan dengan tumbuh kembang anak.

3. Menjadi tanggung jawab bersama

Tidak sedikit orang tua yang membiarkan anaknya asik menonton televisi hanya karena ingin beristirahat atau melakukan kegiatan yang lain. Hal tersebut kurang tepat karena orangtua sebaiknya menemani anak untuk menonton tayangan televisi tersebut, selain dapat mengontrol tontonan untuk anak, terjalin kedekatan antara orang tua dan anak sehingga jalinan emosi orang tua-anak dapat terbangun.

4. Lakukan riset sebelum menonton

Orang tua yang membatasi tontonan untuk anak, pada hakikatnya bukan melarang anak tersebut untuk menonton tayangan kesukaannya. Hal tersebut dikarenakan anak dapat dengan mudah terpengaruh baik sikap maupun ucapan melalui tontonannya, sehingga baik buruknya anak, salah satunya dipengaruhi oleh tontonannya.

Revolusi Ilmiah - Kedekatan emosi antara orang tua dan anak
Kedekatan emosi antara orang tua dan anak. (Foto : kapanlagi(dot)com)

5. Pilih tayangan yang dapat merangsang kemampuan daya ingat anak

Tayangan televisi tidak semuanya buruk, apalagi tayangan yang dapat membantu merangsang daya ingat anak. Pilihlah tayangan tersebut, misalnya suara hewan, lagu anak kesukaannya. Karena selain melatih daya ingat anak, orang tua juga dapat menikmati dan membantu menjaga daya ingatnya. Ingatlah bahwa kedekatan emosional antara orang tua dan anak sangat penting dalam tahap tumbuh kembang si kecil.

Demikian 5 tips mendidik si kecil melalui tontonan, harapannya adalah bahwa setiap orang tua dapat menjaga dan mengkawal tumbuh kembang anak dengan baik, salah satunya melalui tontongan. Baik buruknya sang anak sangat tergantung dari apa yang "ditulis" dan diberikan oleh orang tuanya. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »