5 Tips Ampuh Kontrol Nafsu Makan Berlebihan

REVOLUSIILMIAH.COM - Nafsu makan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk merangsang seseorang supaya mau makan. Dalam kondisi nafsu makan yang turun, seseorang akan cenderung untuk malas makan bahkan sampai tidak makan sama sekali sehingga membahayakan bagi kesehatan tubuh. Namun, bagaimana dengan orang yang memiliki nafsu makan yang tinggi bahkan sangat tinggi? Sebenarnya juga hampir sama, yaitu terganggunya kesehatan tubuh secara umum, terutama bagi yang sedang menjalankan diet makan guna mengendalikan berat badan tubuh yang diinginkan atau ideal. Berikut tips bagaimana mengendalikan nafsu makan yang berlebihan.

Revolusi Ilmiah - Cara mudah kontrol nafsu makan
Cara mudah kontrol nafsu makan. (Foto : cara-kesehatan)

Tips Mengendalikan Nafsu Makan

Pada orang dengan diet makan, mengendalikan nafsu makan adalah satu hal pokok yang perlu dipenuhi dan berikut tips mengendalikan nafsu makan yang dapat dicoba untuk dipraktekkan.

1. Waktu makan jangan dilewatkan begitu saja

Mungkin Anda berpikir melewatkan waktu makan bisa mengurangi asupan kalori dari makanan, tetapi ternyata hal itu salah besar. Menurut ahli gizi dari Hackensack University Medical Center, Susan Kraus, melewatkan makan malah akan menambah nafsu makan. Sebaliknya, mencegah makan berlebih dapat dilakukan dengan cara memilih makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks. Hal ini akan menyebabkan tubuh kenyang lebih lama dan dapat membuat gula darah tetap stabil.

2. Mengenali pemicu nafsu makan berlebih

Apabila Anda dapat mengenali pemicu nafsu makan berlebih, maka Anda bisa mencoba menghindarinya. Cara mengenali penyebab nafsu makan tersebut, antara lain, dengan membuat daftar makanan yang dimakan dalam seminggu, sekaligus rekam mood atau keinginan makan, kejadian-kejadian yang membuat stres, dan seberapa lapar Anda sebelum memulai makan.

3. Atasi stres

Saat stres, kita cenderung untuk memiliki nafsu makan tinggi dan bahkan tidak terkontrol. Maka, jangan turuti keinginan untuk makan pada saat stres. Ketika keinginan makan muncul, tunggulah sekitar 20 menit, kalau perlu istirahatlah. Kemungkinan nafsu makan akan mereda. Setelah reda, barulah mencoba untuk makan sesuai dengan porsinya.

4. Mengganti dengan minum

Hipotalamus adalah bagian otak yang mengontrol mood dan rasa lapar, mengartikan rasa haus layaknya lapar. Maka, memuaskan rasa haus dengan minum juga akan menekan keinginan kita untuk makan. Namun, sebaiknya Anda memilih minuman tanpa gula tambahan, sehingga kadar gula dalam darah tetap terjaga.

5. Membiasakan untuk tertawa

Lihatlah segalanya dengan lebih positif dan berfikirlah positif, sehingga Anda lebih mudah untuk tertawa. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat mengurangi stres, membantu tubuh mengeluarkan hormon bahagia endorfin, dan membakar kalori. Sehingga nafsu makan dapat dengan mudah untuk dikendalikan.

Demkian 5 tips untuk mengontrol nafsu makan berlebihan, selamat mecoba. Tetap perlu diingat, mengontrol nafsu makan bukan berarti menghilangkan nafsu makan, karena nafsu makan tetap penting untuk menjaga asupan makan yang cukup bagi tubuh.

Sumber : 1 
Editor : OKW

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »