5 Negara Militer Terkuat di Dunia

REVOLUSIILMIAH.COM - Militer adalah salah satu komponen negara yang berfungsi sebagai penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer baik dari luar maupun dalam negeri, Menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah dan keselamatan suatu negara serta Pemulih kondisi keamanan negara akibata gangguan keamanan. Fungsi dan peran itulah yang dijalankan oleh setiap militer di suatu negara. Kuat lemahnya suatu militer sangat menentukan kuat tidaknya negara tersebut, negara dengan militer yang kuat biasanya memberikan pengaruh tidak hanya kepada negara sendiri tapi juga memberikan pengaruh terhadap negara lain.

Revolusi Ilmiah - Militer sebagai penjaga suatu negara.
Militer sebagai penjaga suatu negara. (Foto : 7-theme)

Negara Militer Terkuat

Berikut ini negara-negara dengan Militer Terkuat saat ini seperti dikutip dari Wonderlist. Dan saat ini sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan dan kemajuan dunia, meskipun tidak ketinggalan di bidang selain militer juga.

1. Amerika Serikat (AS)

Pemerintah AS telah menganggarkan dana sebesar 612 juta dolar untuk perkuat satuan militernya. Pemerintah AS memiliki 1,4 juta personel utama dan 800 ribu personel cadangan dalam satuan militernya. AS mempunyai fasilitas pelatihan militer tercanggih di dunia. Mereka juga diketahui punya 7.500 hulu ledak nuklir. Oleh karena itu, tidak salah jika, satuan militer AS dinilai sebagai yang terbaik di seluruh dunia.

2. Tiongkok

Pemerintah China telah menganggarkan dana sebesar 126 juta dolar AS untuk satuan militernya. Mereka mempunyai 2,2 juta personel utama, dan 2,3 juta personel cadangan dalam satuan militernya. Ditambah dengan 2.800 pesawat tempur, 25 ribu kendaraan lapis baja, dan 300 senjata nuklir, membuat negeri tirai bamboo ini sebagai satuan militer terkuat di Asia.

3. India

Pemerintah India dilaporkan memiliki 1,325 juta tentara dalam satuan militernya. Mereka juga punya sekitar 16 ribu kendaraan perang meliputi, 3.500 tank, 1.785 pesawat tempur, dan beberapa senjata nuklir. Pemerintah India dilaporkan telah menggelontorkan dana sebesar 46 juta dolar AS untuk perkuat satuan militernya.

4. Rusia

Pesaing AS ini diketahui telah menganggarkan dana sebesar 76 juta dolar AS untuk perkuat satuan militernya. Mereka mempunyai 766 ribu personel utama dan 2,5 juta personel cadangan dalam satuan militernya. Ditambah kendaraan perang yang mumpuni, yaitu 15 ribu kendaraan lapis baja, membuat Rusia dijuluki sebagai satuan militer yang punya kendaraan lapis baja terbanyak di dunia.

5. Inggris

Pemerintah Inggris yang tergabung dalam negara Uni Eropa sebenarnya berencana mengurangi jumlah pasukan militernya. Hal itu dilakukan untuk menghemat anggaran belanja negaranya. Kendati demikian, satuan militer Inggris dinilai tetap menjadi salah satu yang terkuat di dunia. Mereka memiliki 205 ribu tentara, 908 pesawat tempur, 66 kapal perang. Inggris juga mempunyai fasilitas pelatihan militer kelas dunia, dan 160 senjata nuklir.

Demikian 5 Negara Militer Terkuat di Dunia dengan pasukan yang "luar biasa" banyak. Dan sudah sepantasnya pula negara-negara tersebut memiliki pengaruh yang kuat terhadap negara-negara lain terutama di kawasan negara tersebut. Bagaimana dengan Indonesia? Bisakah bersaing dengan negara-negara tersebut terutama dalam hal militer? (M-ANT)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »