5 Tips Alami Hilangkan Ketombe

REVOLUSIILMIAH.COM - Ketombe adalah nama yang familiar kita kenal dari Pityriasis capitis, suatu pengelupasan kulit yang mati secara berlebihan di kulit kepala, sehingga kulit kepala menjadi rusak dan rambut mudah rontok, terkadang disertai pemerahan maupun iritasi. Pada sebagian besar kasus, ketombe terkadang menjadi salah satu penyebab seseorang menjadi minder atau kurang percaya diri, apalagi jika sudah sampai muncul dalam jumlah yang banyak dan rontok di pakaian yang berwarna hitam, nampak sekali ketombenya. Oleh karena itu, problem ketombe tersebut sebaiknya diselesaikan dengan baik dan kalau bisa tidak muncul kembali. Pada umumnya ketombe dapat diperbaiki kondisinya dengan pemberian shampoo khusus ketombe maupun pengobatan bebas yang telah teruji. Namun, adakah cara secara alami yang dapat digunakan untuuk mengatasi ketombe tersebut?

Revolusi Ilmiah - Ketombe sangat mengganggu.
Ketombe sangat mengganggu.

5 Tips Alami Hilangkan Ketombe

Ketombe selain dapat dihilangkan dengan pengobatan kimia, ternyata dapat pula dihilangkan dengan pengobatan alami, dari bahan-bahan alami yang mudah kita dapatkan. Mulai dari Jeruk nipis dan lemon sampai dengan Minyak Kelapa. Berikut 5 bahan tersebut dengan penjelasan.

1. Jeruk Nipis dan Lemon

Jeruk nipis dan lemon selain bermanfaat untuk menyehatkan rambut, ternyata bisa juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Caranya : Ambil 2 sendok makan jeruk nipis, kemudian usapkan pada kulit kepala. Selanjutnya remas-remaslah rambut dan kulit kepala anda. Siapkan segelas air dan tambahkan 1 sendok makan perasan lemon, lalu siramkanlah ke rambut anda. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan hal ini minimal 1 kali sehari sampai ketombe benar-benar hilang.

2. Garam

Selain untuk bumbu dapur, garam dapat bermanfaat untuk mengobati luka pada kulit kepala. Dimana, ketika luka di kepala tidak lekas sembuh maka akan bertumpuk dan menjadi ketombe. Cara menggunakannya yaitu dengan menggunakan garam untuk mencuci rambut : Taburkan dan gosok kulit kepala dengan garam secukupnya. Diamkan untuk beberapa saat, sebelum membilasnya dengan shampoo Anti Ketombe hingga bersih.

3. Campuran Santan Kelapa, Nanas, Jeruk Nipis

Paduan 3 bahan berikut secara empiris dapat membantu menghilangkan ketombe. Caranya : Padukan beberapa bahan berupa santan dari setengah butir kelapa, dengan satu gelas buah nanas yang sudah di blender kemudian tambahakan perasan jeruk nipis ditambah satu gelas air kelapa. Aduk campuran tersebut hingga merata. Gunakan campuran tersebut pada kulit kepala anda selama lima hari sekali, gunakan secara teratur sampai Ketombe dirasa hilang.

4. Cuka putih

Cuka putih diyakini sangat baik untuk menghilangkan ketombe. Cara menggunakannya : Campurlah secangkir cuka putih dengan secangkir air. Gunakan air campuran tadi untuk memijat-mijat kulit kepala anda setelah keramas, diamkan beberapa saat. Selanjutnya, bilas dengan air hingga bersih.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak yang dapat memberantas ketombe. Caranya : Gunakan minyak kelapa untuk pijat kepala anda sebelum tidur. Kemudian balut kepala menggunakan handuk panas/hangat dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya hingga bersih, lakukan rutin 1 kali sehari.

Demikian 5 bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe. Anda dapat menggunakan salah satu atau kombinasi dari 5 bahan tersebut. Tidak terlalu sulit bukan? Namun tetap perlu diingat bahwa, pengobatan alami cenderung berbeda pada setiap orang sehingga tetap perlu disesuaikan dengan masing-masing individu dan pastikan bahwa pengobatan tersebut aman untuk Anda, sehingga tidak mengalami hal-hal yang tidak dinginkan. Konsultasikan kepada dokter Anda apabila mengalami hal-hal yang tidak diinginkan atau terapi yang tidak tepat. (OKW)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »