Tegang di Baltik, AS dan Rusia akan perang?

REVOLUSIILMIAH.com - Rusia berbuat ulah. Entah disengaja atau memang inisiatif pribadi dari Pilot Jet. Kurang dari seminggu, minimal 3 kali Jet Rusia terbang rendah dekat dengan kapal laut Amerika Serikat (AS) di Lautan Baltik. Ketinggian rata-rata 22 meter dari kapala perang AS (USS Donald Cook). Banyak kalangan menyebutkan, tindakan tersebut sangat membahayakan serta mengancam hubungan baik kedua negara.

revolusiilmiah.com - Ketegangan Armada Militer AS-Rusia
Ketegangan Armada Militer AS-Rusia. (Ilustrasi)

Diunggah di Youtube

Kejadian itu sering dikaitkan dengan rencana target penyerangan di darat. Namun, penerbangan kali ini tidak diikutii dengan berondongan peluru dari Jet tersebut. Bahkan saat ini, peristiwa tersebut sudah dapat dilihat di situs Youtube.

Peristiwa tersebut bermula ketika Kapal Perang AS Arleigh Burkle (Dipersenjatai rudal) tengah membawa Helikopter Polandia sebagai bagian dari latihan rutin. Ada dugaan dari Pejabat AS bahwa tindakan Rusia merupakan "Peringatan" bagi Polandia, yang mana kondisi Eropa saat ini sedang memanans, terutama masalah konflik Ukraina.

Jet Rusia yang melakukan manuver tersebut adalah Su-24 dan sebuah Helikopter.


Pelayaran USS Cook memang secara diam-diam diikutii oleh Kapal Intel Rusia. Namun, Kru kapal AS telah mengatakan kepada Kapal Rusia melalui radio bahwa mereka hanya melakukan operasi rutin di Lautan Baltik.

Dalam beberapa kesempatan sebelumnya memang Armada Perang AS dan Rusia kerap bertemu dan masih dianggap wajar serta aman. Namun lain halnya dengan kali ini, kedua Armada Tempur mereka terlalu dekat dan membahayakan.

Beberapa kejadian penting yang kemungkinan mendasari tindakan Rusia tersebut adalah :

  • Februari 2016, Kementrian Pertahanan AS mengatakan bahwa telah diturunkan anggaran 3,4 Milyar Dolar AS untuk operasi ERI (European Reassurance Initiative) dalam meredam agresi Rusia terhadap NATO
  • Beberapa pekan terakhir AS menurunkan aset militer tambahan di seluruh Eropa. Awal bulan April, AS meluncurkan armada F-15 ke Islandia dan Belanda serta F-22 ke Inggris
  • Saat ini AS juga telah mengumumkan akan mengirimkan 6 buah armada F-15 ke Finlandia guna latihan dan menempatkan tank serta artileri nya di Norwegia. Dua negara terakhir berbatasan langsung dengan Rusia.
Terkait hal tersebut Mentri Pertahanan Rusia mengatakan bahwa laporan miring terhadap Jet Rusia tersebut "tidak sesuai dengan kenyataan" dan Rusia mengklaim bahwa apa yang mereka lakukan sudah sesuai dengan regulasi penerbangan internasional. (OKW/CNN)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »