Mengenal "Coeliac Disease"

Info Hidup Sehat - Penyakit Celiac
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Pada catatan saya dua makanan yang merusak otak, muncul pertanyaan tentang apa itu Coeliac Disease atau Celiac Sprue dan bagaimana cara untuk melakukan diet apabila terkena Coeliac Disease? Pada info hidup sehat kali ini saya akan mencoba membahasnya, karena meskipun kasus masih jarang ditemui 0.33-1.06% pada anak-anak dan 0.18–1.2% pada dewasa, namun kita perlu tahu supaya dapat memberikan penjelasan yang bermanfaat terutama pasien Coeliac Disease.

Coeliac Disease adalah Gangguan autoimun usus halus yang cenderung terjadi karena faktor genetik sehingga menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi dengan baik. Dalam Buku "Diagnostic testing for celiac disease among patients with abdominal symptoms: a systematic review" oleh van der Windt dkk (2010) disebutkan tanda dari Coeliac Disease adalah nyeri dan rasa tidak nyaman pada perut, konstipasi kronik, diare, gagal tumbuh (pada anak-anak), anemia dan mudah lelah. Penderita Coeliac Disease tidak diperbolehkan mengkonsumsi segala bentuk protein yang berasal dari gluten, yang umumnya ditemukan dalam makanan berbahan gandum dan tepung semisal Roti, Mie, Pasta, Kue dan Biskuit, karena pada penderita  Coeliac Disease, Gluten menyebabkan sistem kekebalan tubuh mereka akan memberikan respon dengan cara merusak atau menghancurkan vili-vili usus halus inilah yang dikatakan sebagai Autoimun Disorder (Gangguan Autoimun). Coeliac Disease  juga berkaitan dengan penyakit osteoporosis, kekurangan vitamin, dan anemia. Hal tersebut disebabkan karena proses penyerapan kalsium dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tidak sempurna.

Nutrisi untuk Penderita Coeliac Disease
  • Untuk saat ini, diet yang disarankan adalah Gluten-free diet (Diet tanpa Gluten). Menurut Codex Alimentarius, Gluten-free diet masih diperbolehkan jika Gluten kurang dari 20 ppm. Artinya, Penderita  Coeliac Disease masih diperbolehkan mengkonsumsi makanan gluten dengan SANGAT TERBATAS, konsultasikan kepada dokter yang menangani.
  • Mencari alternatif makanan selain Gandum dan Tepung, semisal Ubi kayu/singkong, Jagung, Kentang, Beras, Kacang-kacangan dan tentu saja Buah dan Sayur.
Demikian info hidup sehat mengenai Coeliac Disease, meskipun ada keterbatasan dalam konsumsi Gluten tapi penderita Coeliac Disease masih tetap bisa hidup sehat dengan konsumsi bahan makanan yang lain, bahkan lebih enak dan bervariasi. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »