2 Makanan yang Merusak Otak

Gluten dan Diary by Revolusi Ilmiah
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Info hidup sehat kali ini akan mengetengahkan satu kajian penting sesuai dengan perkembangan zaman yang ada, karena tentu saja hidup yang fit, bugar dan sehat adalah dambaan setiap orang, apakah itu seorang dokter, paramedis, pejabat, guru, tukang bangunan dan sebagainya mereka mendambakan hal tersebut. Oleh karena itu perlu kita mengetahui pola hidup bersih dan sehat (PHBS) terutama makanan yang sehat.

Mengenai makanan sehat, ternyata dalam pengetahuan terkini ada 2 makanan yang dapat merusak otak seperti dilansir Greenmedinfo dengan judul "Two foods That May Sabotage Your Brain" (20/3/2014) diambil dari berbagai pendapat para pakar kesehatan dan pengamatan yang dilakukan terhadap pasien-pasien akibat pemberian makanan tersebut.

1. Gluten (Zat Perekat). Gluten adalah sejenis protein yang terdapat pada gandum dan tepung. Gluten mengandung komponen protein yang disebut peptida. Gluten dihindari terutama pada penderita celiac disease (alergi terhadap protein gluten) yang menyebabkan gangguan kekebalan/antibodi tubuh. Bahkan pengaruh gluten bisa mengganggu persyarafat. Seperti disampaikan oleh  Dr. Hadjivassiliou, Salah satu Peneliti Gluten "Sensitivitas Gluten dapat terutama sekali, secara eksklusif berpengaruh terhadap penyakit saraf.". Contoh makanan yang mengandung Gluten seperti makanan yang berasal dari Gandum dan Tepung Terigu yaitu: Roti, Mie, Pasta, Kue, Biskuit. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mengurangi jumlah konsumsi bahan dari Gluten ini, apabila ingin diet makanan sehat.

2. Dairy (Produk Susu). Produk susu mengandung Casein, yang mana antara Casein dengan Gluten hampir sama memiliki pengaruh yang buruk terhadap otak atau saraf. Dikatakan sebagai coconspirators. Bahkan menurut penelitian orang yang memiliki Antibodi terhadap Casein (IgG) meningkatkan resiko 7-8 kali mengalami penyakit schizophrenia, atau 3-5 kali kejadian penyakit Bipolar Disorders. Dairy yang sering menyebabkan hal tersebut terutama berasal dari Sapi (Dairy Cow) semisal susu sapi, mentega, keju. Hal tersebut menjadi perhatian terhadap siapa saja yang ingin melakukan diet sehat.

2 Makanan tersebut memang tren saat ini, hampir semua orang menyukai makanan tersebut, namun kita harus mulai membuka diri terhadap wacana bahwa kedua makanan tersebut memiliki efek yang kurang baik terhadap otak, terbukti orang yang banyak mengkonsumsi kedua makan tersebut memiliki kecenderungan untuk mengalami gangguan saraf. Oleh karena itu lebih baik kita mencegahnya, melakukan hidup sehat tidak harus dengan konsumsi Gluten dan Diary masih banyak pilihan makanan yang alami dan jauh lebih sehat semisal kacang-kacangan, beras, kedelai, kentang, ikan, daging, singkong dan tentu saja, sayur dan buah-buahan. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »