3 Tips Gaya Hidup Sehat (CaDok 3)

Bunda Berolahraga by Revolusi Ilmiah

Salatiga-Salam Sehat
Selamat Siang pembaca setia Revolusi Ilmiah, Gaya hidup sehat adalah melakukan kebiasaan baik untuk menciptakan hidup sehat setiap hari dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Hasil dari gaya hidup sehat ini tentu saja adalah menjadikan tubuh kita tetap dalam kondisi fit, bugar dan sehat, seperti pada CaDok saya yang pertama

Adapun manfaat lain dari gaya hidup sehat diantaranya : Badan sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, merasa tenteram, aman dan nyaman, memiliki rasa percaya diri, hidup seimbang, tidur bisa nyenyak, berpenampilan lebih sehat, ceria dan awet muda, membantu kesuksesan dalam pekerjaan serta menikmati kehidupan sosial di lingkungan keluarga, teman dan komunitas.

Sedangkan akibat gaya hidup yang tidak sehat, seseorang dapat terkena berbagai macam penyakit, diantaranya sakit jantung, tekanan darah tinggi, kanker, stroke, diabetes, penyakit paru dan sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengkhususkan pada topik pembahasan 3 macam faktor resiko yang mengakibatkan hal-hal diatas (akibat gaya hidup tidak sehat) yaitu : Merokok, Kurang aktifitas fisik dan Kurang makan makanan berserat.

1.  Tidak Merokok
Kita mengetahui, rokok telah menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia, diperkirakan lebih dari 3 juta orang di seluruh dunia meninggal setiap tahunnya akibat merokok dan 90% kanker paru-paru disebabkan karena kebiasaan merokok. Sehingga di Negara Indonesia sendiri apabila ada suatu produk rokok wajib menyertakan peringatan untuk merokok.

Beberapa aspek yang dirugikan akibat merokok diantaranya :
Aspek Kesehatan. Dalam rokok terdapat kurang lebih 4000 zat kimia, dan 400 macam racun berbahaya bagi kesehatan. Saat sebuah batang rokok terbakar, asapnya menguraikan sekitar 4000 bahan kimia tersebut dengan 3 komponen utama : Nikotin (yang menyebabkan ketergantungan/adiksi), Tar (Tertimbun dalam paru-paru yang menyebabkan gangguan organ paru-paru) dan Karbon Monoksida (Penghambat aliran oksigen dalam darah dan jantung). Akibat yang ditimbulkan diantaranya : Radang paru, kanker paru, bronchitis kronik, jantung koroner, kolesterol tinggi, berat badan lahir rendah pada bayi seorang ibu perokok, keguguran dan bayi lahir mati, kemandulan, impotensi dan gangguan pencernaan. Begitu bahaya dan merugikannya rokok ini terhadap kesehatan.

Aspek Sosial. Seorang perokok baik di rumah maupun di tempat umum secara sengaja sedang meracuni keluarga dan lingkungannya dengan asap rokok yang ditimbulkan. Akibat yang ditimbulkan adalah apabila orang yang bukan perokok namun terkena terus menerus asap rokok maka dapat menderita dampak resiko kesehatan yang sama buruknya dengan perokok. Selain itu merokok dapat menyebabkan boros secara ekonomi, nafas berbau, gigi dan kuku menjadi kecoklatan, menimbulkan bau tidak enak pada rambut dan pakaian, serta kulit akan menjadi keriput secara dini. Itu semua tentu saja mengganggu penampilan dan pergaulan sosial. Dapat dikatakan perokok tidaklah gaul, jadi kalau anda perokok sebenarnya anda hanya “merasa” gaul.

2.  Melakukan Aktivitas Fisik
Aktivitas fisik artinya menggerakkan seluruh anggota tubuh sehingga mengeluarkan tenaga. Hal tersebut penting terutama untuk pemeliharaan fisik, mental dan kualitas hidup yang fit, bugar dan sehat. Disarankan untuk melakukan akitvitas fisik ini 30 menit dalam satu hari dan porsinya tidak perlu terlalu berat serta 3 kali dalam 1 minggu.

Manfaat dari aktivitas fisik secara teratur adalah : Kesehatan lebih baik, Lebih sehat dan bugar, Bentuk tubuh lebih baik dan seimbang, Lebih percaya diri, Berat badan terkontrol, Otot dan tulang lentur dan kuat, Merasa lebih bertenaga, Terhindar dari penyakit jantung, stroke, osteoporosis, kanker, tekanan darah tinggi. Manfaat tersebut sangat penting dan ingin diraih oleh setiap orang, bagaimana dengan anda?

Adapun syarat sebelum kita melakukan aktivitas fisik supaya hasil yang dicapai lebih optimal adalah: Lakukan aktivitas fisik sebelum makan atau 2 jam sesudah makan dimulai dengan pemanasan, Mulailah dari yang ringan dan secara perlahan-lahan ditingkatkan dan Bila sudah biasa, dapat dilakukan peningkatan beban dan frekuensi sehingga tercapai hasil yang kita inginkan, jangan kurang dan jangan berlebihan.

Ada beberapa tips yang dapat saya sarankan untuk aktivitas fisik ini, diantaranya: Jalan Cepat (Untuk jalan cepat sebaiknya menggunakan sepatu yang nyaman), Renang (Olahraga renang adalah salah satu pilihan terbaik karena merupakan salah satu aktivitas fisik yang menyeluruh, melibatkan seluruh organ dalam tubuh, sangat disarankan), Senam atau peregangan (Sangat baik untuk menguatkan dan mengoptimalkan otot-otot, tulang dan sendi serta melancarkan peredaran darah)

3.  Konsumsi Makanan Berserat
Gaya hidup sehat yang baik tergantung pula bagaimana berpola makan yang baik pula terutama makanan yang seimbang. Makanan seimbang yang disarankan adalah konsumsi aneka ragam makanan sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Dalam pedoman gizi seimbang salah satunya adalah Makan makanan berserat tinggi, rendah lemak dan mengandung gizi yang cukup. Untuk pemantauannya tentu saja nantinya kita perlu mengukur berat badan rutin setiap bulan.

Beberapa saran makanan sehat : Buah segar dan sayuran (untuk memenuhi kebutuhan akan serat vitamin dan mineral, Ikan (kandungan kolesterol dan lemak lebih rendah daripada daging sapi), Batasi konsumsi garam (untuk menghindari resiko menderita hipertensi dan serangan jantung), Batasi konsumsi gula, madu, sirup dan coklat (yang dapat menyebabkan overweight/kegemukan) serta Batasi konsumsi lemak (Untuk mengurangi resiko penyakit jantung).

Makanan sehat tersebut sebaiknya diterapkan dan dikonsumsi rutin setiap hari. Terutama untuk serat dari buah dan sayuran penting untuk membantu dalam proses pencernaan dan penyerapan kolesterol sehingga tidak terjadi penumpukan kolesterol berlebihan dalam darah.

Demikian 3 tips bergaya hidup sehat, semoga bermanfaat dan dapat menjadi pengayaan pengetahuan yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, bukankah Sehat itu Murah Meriah, tidak perlu Mahal apabila kita mengetahui ilmunya. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan.

Agung Hari Wibowo
General Practitioner of Mangunsari Community Health Center, Salatiga

Picture from Robby KW Properties (Olahraga)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »