(Part 2) Dijamin Sehat Dengan Pola makan Food Combining (Hay System Diet)



SIKLUS ALAMI DIDALAM TUBUH
Mengacu kepada penelitian ekstensif tentang siklus fisiologi. Telah ditemukan bahwa setiap bagian tubuh baik itu didalam maupun diluar memiliki suatu irama aktivitas biologi yang bekerja secara sistematis dengan keteraturan dalam siklus putaran waktu 24 jam non stop. Proses bagian pencernaan sendiri terdiri dari tiga siklus yang didasarkan pada tiga fungsi tubuh, yaitu menyerap (sari-sari makanan), mencerna (zat-zat makanan), dan membuang (sampah-sampah makanan).


Adapun siklus waktunya sebaagai berikut :


Pukul 12.00 – 20.00 : Pencernaan
Pukul 20.00 – 04.00 : Penyerapan
Pukul 04.00 – 12.00 : Pembuangan


Siklus pencernaan bekerja sangat intensif pada pukul 12.00 siang hingga pukul 20.00  malam. Kalau pada waktu-waktu siklus ini perut dalam keadaan kosong, maka akan merasa sangat lapar. Karena pada siklus ini, energi tubuh lebih banyak terpusat ke fungsi pencernaan. Untuk itu sepanjang siklus ini merupakan waktu yang tepat untuk mengisi lambung dengan makanan padat. 



Siklus penyerapan bekerja sangat intensif antara pukul 20.00  malam dan pukul 04.00 pagi. Sepanjang siklus ini terjadi proses penyerapan sebagian besar zat-zat makanan yang sudah tercerna dan di bagikan ke seluruh bagian tubuh. Oleh karenanya, jika makan terlalu larut malam akan mengurangi pasokan energi yang dibutuhkan untuk proses penyerapan. Bergadang atau tidur larut malam juga mempengaruhi besar kecilnya energi itu sendiri. Hambatan dalam satu siklus dapat mengacu siklus-siklus selanjutnya. Terkadang akan merasakan grogi di pagi hari.



Siklus pembuangan bekerja sangat intensif terjadi pada pukul 04.00 pagi hingga pukul 12.00 siang. Banyak orang mengeluh tidak mempunyai nafsu makan pada pagi hari, kalau bias menyadari sesungguhnya hal itu adalah sesuatu yang alami. Karena pada siklus ini, energi akan lebih banyak dipakai untuk medorong proses pembuangan. Tubuh tidak terlalu butuh asupan makanan padat seperti nasi, daging, dsb. Jika dilakukan maka energi yang seharusnya dipakai untuk proses pembuangan jadi teralihkan ke proses pencernaan. 


Untuk itu dalam Pola makan “hay system diet” harus memperhatikan siklus alami tubuh. Serta mengkombinasikan asupan makanan secara benar. Dalam prinsip-prinsip dasar Food Combaining terdapat fakta alamiah yang sederhana. Ini adalah fakta tersebut ---part 3---.(r.a)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »