(Part 3) Dijamin Sehat Dengan Pola makan Food Combining (Hay System Diet)




FAKTA SEDERHANA, PROSES PENCERNAAN 


Dari beberapa fakta alamiah tentang proses pencernaan, berikut adalah prinsip-prinsip dasar Food Combining.


1. Tubuh mempunyai siklus pencernaan yang berbeda waktunya. Pencernaan, penyerapan, dan pembuangan ada waktu masing-masing utuk bekerja secara optimal.

2. Ada makanan yang bisa dikombinasikan dimakan secara bersamaan, namun ada pula yang tidak tepat untuk dikombinasikan. Maka perlunya mempelajari Food Combining.

3. Setiap makanan butuh waktu pencernaan berbeda. Dengan memanfaatkan prinsip-prinsip dasar Food Combaining ini, kerja pencernaan tubuh dapat dijaga secara optimal.


Faktanya sederhana bukan. Intinya jika fungsi pencernaan optimal, otomatis penyerapan zat gizi berjalan lancar, dan pembuangan racun tubuh tidak terhambat. Hasilnya, pastinya tubuh akan sehat. Karena kesehatan itu yang harus dijaga adalah pencernaannya. Pencernaan sehat tubuh sudah dipastikan sehat.


Selain kandungan gizi, keseimbangan asam-basa makanan juga perlu diperhatikan, untuk itu Food Combining juga memperhatikan sifat asam-basa makanan. Dalam pelajaran kimia, larutan asam (acid) akan dapat dinetralkan dengan larutan basa (alkali). Sama halnya didalam makanan. Ada makanan yang membentuk asam dan adapula yang membentuk basa.


Jika asam bertemu asam, keseimbangan asam-basa dalam tubuh akan kacau. Akibatnya adalah keadaan tubuh menjadi terlalu asam. Salah satu gejala yang dirasakan adalah perut kembung, dan diare. Padahal, keseimbangan asam-basa ini perlu dijaga agar fungsi pencernaan berjalan normal. Keseimbangan asam-basa tubuh inilah yang diabaikan selama ini.


Banyak dari para ahli gizi masih berasumsi bahwa kecukupan gizi setiap orang hanya bisa terpenuhi apabila mengkonsumsi makanan 4 Sehat dalam waktu bersamaan. Perhatikan bagaimana nasi dan daging selalu dijadikan primadona, sementara sayuran dan buah-buahan hanya dijadikan pengiring (yang bahkan sering tidak termakan karena sudah telanjur kekenyangan). Baik nasi dan daging termasuk makanan pembentuk asam. Bisa dibayangkan betapa kacaunya pencernaan tubuh jika dimakan bersamaan.


Idealnya apabila keseimbangan asam-basa dalam jaringan tubuh dan darah manusia (kecuali lambung) berada pada pH 7,35 – 7,45 atau netral cenderung basa. Keseimbangan ini bisa dijaga dengan cara mengkonsumsi lebih banyak makanan buah, sebagian besar sayur-mayur, dan rempah-rempah, karena merupakan makanan pembentuk basa.


Maka perlunya kita untuk mengenal apa saja sih makanan pembentuk asam maupun pembentuk basa. Inilah beberapa jenis makanan pembentuk asam dan basa ---part 4---.(r.a)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »