10 Gejala Alzheimer yang Perlu Anda Ketahui

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. Alzheimer merupakan kumpulan gejala yang disebakan oleh penghancuran sel-sel otak, dimana umumnya penghancuran itu terjadi dalam jumlah banyak secara bersamaan sehingga otak akan tampak mengerut atau mengecil. Salah satu faktor resiko adalah usia lanjut (lansia), namun kejadian Alzheimer ternyata tidak hanya terjadi pada lansia, usia lebih muda pun juga dapat terkena. Sehingga mengenali dan mencegah Alzheimer sedini mungkin perlu untuk dilakukan, sehingga sesegera mungkin melakukan tindakan pencegahan dan penanganan yang baik dan benar.

Revolusi Ilmiah - Alzheimer tidak hanya mengenai lansia
(Alzheimer tidak hanya mengenai lansia. (Foto : iran-daily.com))

10 Gejala Alzheimer

Menurut Direktur Eksekutif Alzheimer Indonesia (ALZI) Dr. Suharya, terdapat 10 gejala Alzheimer yang perlu dikenali dan dicermati.

1. Mengalami gangguan daya ingat

Penderita sering lupa kejadian yang baru saja terjadi. Contohnya, lupa akan janji dan menanyakan atau menceritakan hal yang sama berulang kali serta lupa tempat dia memarkir sepeda motor atau mobil.

2. Kesulitan dalam mengfokuskan perhatian

Penderita akan mengatakan sulit fokus dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Sebut saja lupa cara memasak, mengoperasikan telepon atau telepon genggam, tidak dapat melakukan perhitungan sederhana dan bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

3. Mudah bingung

Penderita kesulitan melakukan kegiatan rutin, seperti sulit bikin rencana atau membereskan tugas sehari-hari, bingung cara mengemudi, dan sulit mengatur keuangan.

Revolusi Ilmiah - Gangguan disorientasi
(Gangguan disorientasi. (Foto : fisio))

4. Mengalami disorientasi

Penderita bingung akan waktu (hari, tanggal, dan hari penting), bingung di mana berada dan bagaimana dia sampai di sana. Juga tidak tahu jalan pulang ke rumah.

5. Kesulitan dalam visuopasial

Penderita sulit membaca, mengukur, dan menentukan jarak, membedakan warna, tidak mengenal wajah di cermin, menabrak cermin. Yang perlu dikenali adalah penderita menuangkan air di gelas, namun tumpah.

6. Gangguan untuk komunikasi

Penderita kesulitan berbicara dan mencari kata yang tepat serta seringkali berhenti di tengah percakapan dan bingung untuk melanjutkannya.

7. Pelupa dan mudah curiga

Penderita lupa menaruh barang pada tempatnya dan bahkan kadang curiga ada yang mencuri atau menyembunyikan barang tersebut.

8. Berapakaian kurang rapi dan serasi

Penderita salah membuat keputusan yang bisa ditunjukkan dengan berpakaian tidak serasi, tidak dapat memperhitungkan pembayaran, dan tidak dapat merawat diri dengan baik.

Revolusi Ilmiah - Semangat turun
Semangat turun. (Foto : cintapendidikan)

9. Mengalami penurunan semangat hidup

Penderita menarik diri dari pergaulan, tidak memiliki semangat atau pun inisiatif untuk melakukan aktivitas dan hobi yang diminati. Tidak tidak terlalu semangat untuk berkumpul dengan teman-temannya.

10. Terjadi perubahan kepribadian

Penderita menunjukkan perubahan perilaku dan kepribadian. Emosinya berubah secara drastis, bingung, curiga, depresi, takut atau bergantung secara berlebihan pada anggota keluarga, mudah kecewa dan putus asa baik di rumah maupun di pekerjaan.

Demikian 10 gejala dari Alzheimer. Oleh karena itu segera kenali gejala tersebut dan lakukan pencegahan yang perlu semisal pola hidup bersih dan sehat, rutin mengkonsumsi minyak ikan, rutin berolahraga dan rajin membaca sering mengisi teka teki silang. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Referensi 1

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »