5 Hal Unik di Tiongkok

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. Tiongkok memang menjadi salah satu negara dengan banyak fenomena. Mulai dari jumlah penduduk terbesar di dunia, politik komunisme yang mendunia, perkembangan ekonomi yang cukup pesat, serta kemajuan-kemajuan di bidang lainnya yang tidak kalah dengan negara-negara maju. Namun disamping kemajuan itu, ternyata masyarakat Tiongkok juga memiliki kebiasaan-kebiasaan yang unik dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia, bahkan mungkin tidak akan ditemukan di negara lain. Fenomena bisa dijadikan suatu kearifan lokal di Negeri Tiongkok.

Revolusi Ilmiah - Teh dari petikan mulut perawan
Teh dari petikan mulut perawan. (Foto : vemale.com)

Keunikan Tiongkok

Berikut hal-hal unik yang ada di Tiongkok, dihimpun dari berbagai sumber.

1. Teh dipetik dengan Mulut Perawan

Kebiasaan unik dan suatu kepercayaan oleh sebagian masyarakat Tiongkok adalah bahwa teh yang memiliki kualitas dan dapat menggiurkan para lelaki adalah teh yang dipetik dengan mulut seorang perawan. Cara memetik teh oleh perawan harus menggunakan mulut, dimana keranjang teh tersebut dikalungkan di leher perawan tersebut.

Revolusi Ilmiah - Parade Kurcaci
Parade Kurcaci. (Foto : beritaduniacasino)

2. Parade Kurcaci

Manusia kurcaci atau manusia kerdil di Tiongkok memiliki komunitas dan lokasi yang tersendiri, selain itu mereka juga menjadi salah satu objek wisata yang menarik. Lokasi tersebut ada di Provinsi Yunan, selain manusia kurcaci, di sana juga terdapat bangunan yang selaras dengan mereka, bahkan mereka memiliki semacam kerajaan-kerajaan kecil (kerajaan kurcaci), sehingga meskipun mereka memiliki kekurangan, namun mereka tetap bangga dengan pemberian Tuhan tersebut.

Revolusi Ilmiah - Udara dalam kaleng
Udara dalam kaleng. (Foto : liputan6.com)

3. Udara dalam kalengan

Di negara-negara dengan polusi yang sedikit, udara dapat dihirup dengan bebas dan sehat. Lain halnya dengan negara dengan polusi tinggi, terkhusus Tiongkok. Akibat polusi udara yang tinggi, ide kreatif untuk menciptakan udara dalam kalengan pun menjadi salah satu pilihan disana. Menarik memang, demi mendapatkan udara segar dari polusi udara yang ada.

Revolusi Ilmiah - Teh dari kotoran panda
Teh dari kotoran panda. (Foto : surabayapagi.com)

4. Teh kotoran Panda

Panda merupakan salah satu hewan yang dilestarikan di Tiongkok. Selain dilestarikan, ternyata ada hal unik terkait panda ini. Kotoran panda dibuat menjadi teh, bahkan menjadi salah satu teh termahal di Tiongkok. Bayangkan, 1 kilo teh panda kering mencapai harga Rp. 770 miliar rupiah. Benar-benar suatu penghargaan yang baik untuk sebuah binatang.

Revolusi Ilmiah - Kepiting hidup dalam sebuah mesin
Kepiting hidup dalam sebuah mesin. (Foto : tempo.co)

5. Kepiting Hidup dalam sebuah Mesin

Kepiting biasanya hidup di  pantai. Namun bagaimana jika kepiting hidup berada di tengah-tengah kota. Itulah yang terjadi di Tiongkok. Kepiting itu hidup dalam sebuah mesin yang memang dirancang untuk kondisi yang cocok bagi kepiting. Tidak heran jika anda akan melihat kepiting dalam sebuah mesin yang benar-benar hidup dan dipajang layaknya jualan-jualan biasa di pinggir jalan.

Demikian 5 hal unik yang terdapat di Tiongkok. Kalau Anda sempat datang ke Tiongkok, cobalah untuk menikmati keunikan yang ada di sana yang mungkin tidak akan ditemukan di lain tempat. Negara yang besar memang mereka yang menghargai jasa pahlawan dan melestarikan budaya serta alamnya. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (okw)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »