7 Sifat Orang yang Gagal Sukses

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. Menjadi orang sukses dalam berbisnis seperti Bill Gates maupun Budi Hartono tentu saja tidak dilakukan dengan cara yang mudah. Sebagai orang terkaya nomer 1 di dunia dan di Indonesia, mereka melakukan serangkaian kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk sukses dalam mewujudkan impian dan cita-cita karirnya. Sebaliknya, orang yang gagal dalam impian dan karirnya akan melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat dirinya jauh dari kata sukses. Ternyata, sifat yang mendasar dari orang sukses dan orang yang gagal sukses dapat dibedakan dengan jelas.

Revolusi Ilmiah - Gagal dalam sebuah bisnis
Gagal dalam sebuah bisnis. (Foto : yokeepo.com)

Sifat Orang yang Gagal Sukses

Berikut 7 sifat orang yang gagal sukses versi Majalah Bisnis Forbes.

1. Lebih senang berkelompok

Anda akan dengan sangat mudah untuk melihat orang yang lebih senang berkelompok, terutama jika Anda baru masuk perusahaan. Mereka duduk dalam rumpun bersama-sama dan mereka membuat pernyataan aneh dalam pertemuan, mereka melakukan hal yang sama setiap hari dan mereka mengeluh ketika hidup mereka terganggu oleh sesuatu atau seseorang yang baru. Sifat tersebut dapat ditemukan baik di perusahaan besar dan kecil. Jika Anda melawan kelompok itu, siap-siap bakal dimusuhi, ditindas dan di-bully. Tapi jika Anda bergabung dengan mereka, Anda menjadi bodoh dan sulit melompat ke karir yang lebih baik.

2. Mudah tertipu

Sifat yang sangat dijauhi dari sukses salah satunya adalah mudah tertipu. Oleh karena itu belajarlah dari pengalaman, baik pengalaman pribadi maupun orang lain melalui tulisan maupun perkataan mereka. Anda jangan sampai termakan dengan janji-janji manis dari manajemen perusahaan. Contohnya, jangan percaya mereka ketika mengatakan perusahaan tidak akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

3. Menjadi orang penakut

Orang yang penakut dapat menyebabkan masalah di tempat kerja menjadi serius. Jika Anda takut dipecat, manajemen  akan menemukan cara untuk menyuruh Anda terus menerus. Jika proyek mereka gagal, mereka akan menyalahkan Anda tanpa beban. Mereka tahu Anda bakal menerimanya sebab Anda takut dipecat. Sifat seperti inilah yang menjadikan Anda sulit untuk berkembang dan cenderung untuk menjadi "Budak" orang lain.

4. Pekerja yang apatis

Apatis atau cuek terhadap lingkungan kerja sanagat berbahaya. Bekerja dimanapun bukan berarti Anda tak bersosialisasi dengan orang lain. Kerja tim dalam sebuah perusahaan sangat penting untuk membangun perusahaan. Bangun hubungan yang baik dengan rekan kerja. Dengarkan teman saat sedang curhat, beri bantuan jika mereka kesulitan. Ingat, Anda suatu saat pasti Anda butuh bantuan dari mereka juga.

5. Menjadi seorang pecundang

Setiap kali Anda berhasil atau pengalaman sesuatu yang besar dalam hidup atau karir anda, ada orang di kantor Anda merasa ragu Anda meraihnya dengan kerja keras. Seorang pecundang akan berpikir Anda mencapai itu karena Anda koneksi orang penting di perusahaan. Anda tidak dapat menghentikan pecundang dari pikirannya. Satu-satunya cara untuk melawan pecundang sakit adalah untuk memastikan mereka tidak benar. Dalam sebuah bisnis, pecundang hanya akan menjadikan bisnis tidak berkembang dan cenderung jalan di tempat.

Revolusi Ilmiah - Tukang gosip gagal sukses
Tukang gosip gagal sukses. (Foto : networkedlawyers.com)

6. Penggosip

Gosip-gosip yang tidak ada hubung kaitnya dengan kesuksesan usaha maupun bisnis sangat berbahaya. Anda harus menghindari para biang gosip karena berbahaya sekali dekat dengan mereka, Anda harus menjaga jarak dengan mereka. Asumsikan, dia bersedia untuk menjelek-jelekkan orang lain kepada anda, bisa jadi dia juga menceritakan keburukan Anda di depan rekan kerja lainnya.

7. Peminta maaf

Peminta maaf biasanya akan mendiskreditkan diri segera setelah mereka membuka mulut mereka. Contohnya saat meminta kenaikan gaji, dia akan mengatakan" Maaf, saya tahu perusahaan sedang tak punya uang, tapi...". Pernyataan tersebut menunjukkan dia tidak memiliki kepercayaan yang besar. Jika kata-kata itu keluar dari mulut Anda, bisa dipastikan Anda gagal naik gaji. Seorang yang sukses tidak sungkan dalam mengungkapkan kebenaran dan kenyataan yang ada.

Demkian 7 sifat orang yang gagal dalam bisnis dan karirnya, semoga kita terhindar dari 7 sifat tersebut sehingga kita menjadi orang yang sukses. Namun tentu saja, selain kita sukses dalam bisnis maupun karir kita, kita juga harus berusaha untuk dapat sukses dalam mengemban amanat Nya guna memakmurkan Alam. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »