6 Fakta Potensi Tambang Indonesia

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. Pertambangan adalah suatu rangkaian kegiatan yang mengupayakan pencarian, penggalian, pengelolaan, pemanfaatan dan penjualan bahan galian (baik itu mineral, panas bumi, migas dan batu bara). Indonesia sebagai negara yang kaya akan bahan tambang/galian memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang pertambangan ini. Banyak sekali perusahaan dalam negeri maupun asing yang mengembangkan bisnis pertambangan dengan salah satu tujuannya adalah untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia. Potensi apa saja yang ada dalam bumi Indonesia terutama di bidang pertambangan ini, sehingga oleh Indonesia Mining Association (IMA), Indonesia menjadi negara ke-6 terbesar di dunia dalam hal pertambangan?

Revolusi Ilmiah - Tambang batubara
Tambang batubara. (Foto : ais-hc.com)

Potensi Tambang Indonesia

Berikut potensi tambang Indonesia yang dapat dijadikan kebanggaan Bangsa Indonesia dan untuk memakmurkan rakyat Indonesia.

1. Potensi batubara

Batubara di Indonesia sebenarnya hanya 0,5% dari cadangan batubara dunia, namun produksi batubara Indonesia menempati peringkat ke-6 di dunia, dengan produksi sebanyak 246 juta ton batubara. Selain itu juga, Indonesia menjadi menjadi eksportir batubara nomer 2 di dunia dengan jumlah 203 juta ton, dibawah Australia (252 juta ton), angka tersebut bahkan mengalahkan Tiongkok yang meskipun menjadi produsen terbesar batubara dunia namun hanya menempati peringkat ke-7 sebagai eksportir batubara (47 juta ton).


2. Potensi minyak dan gas bumi

Indonesia memiliki serangkaian hasil dari minyak dan gas bumi di skala Internasional. Peringkat 25 sebagai negara dengan potensi minyak (4,3 milyar barrel), peringkat 21 sebagai penghasil minyak mentah terbesar di dunia (1 juta barrel/hari), peringkat 13 sebagai negara dengan cadangan gas alam terbesar (92,9 triliun cubic feet), peringkat ke-8 negara dengan penghasil gas alam terbesar di dunia (7,2 tcf) dan peringkat ke-2 negara pengekspor LNG terbesar dengan 29,6 bcf. Disamping sebagai produsen dan pengekspor, ternyata Indonesia juga menjadi negara dengan konsumsi minyak dan gas bumi. Peringkat 24 pengimpor minyak (370.000 barrel/hari), peringkat 22 negara dengan pengkonsumsi mnyak (>1 juta barrel/hari), peringkat 18 negara pengkonsumsi gas alam (3,8 bcf/hari).

3. Potensi emas

Cadangan emas di Indonesia diperkirakan sekitar 2,3% dari cadangan emas dunia. Hal tersebut menjadikan Indonesia menempati peringkat ke-7 potensi emas terbesar di dunia, sedangkan dalam hal produksi emas, Indonesia menempati peringkat ke-6 dunia.

Revolusi Ilmiah - Tambang nikel
Tambang nikel. (Foto : jakartapress.com)

4. Potensi nikel

Tambang nikel di Indonesia menduduki peringkat ke-4 di dunia, dengan produksi sebesar 8,6% produksi dunia. Untuk cadangan nikel sendiri, Indonesia menduduki peringkat ke-8 dari seluruh cadangan nikel dunia.

5. Potensi tembaga

Cadangan tembaga Indonesia sebesar 4,1% dari cadangan tembaga dunia, menduduki peringkat 7 dunia. Namun dalam hal produksi tembaga, Indonesia menduduki peringkat ke-2 dunia, dengan 10,4% produksi dunia.

6. Potensi timah

Kebanggaan tambang Indonesia juga dapat kita lihat dari potensi timah. Untuk cadangan timah, Indonesia memiliki 8,1% cadangan timah dunia, atau peringkat 5 dunia, sedangkan produksinya mencapai 26% produksi dunia atau peringkat 2 dunia.

Demikian 6 potensi tambang Indonesia yang sudah digali maupun yang belum. Dengan potensi seperti itu seharusnya dapat menjadikan rakyat Indonesia lebih sejahtera. Semoga ke depan, bangsa yang kaya akan sumber daya alam ini dapat menjadi salah satu negara kaya di dunia, tidak hanya kaya akan sumber daya alam tapi betul-betul menjadi negara yang kaya, tenteran dan pusat dunia, seperti orang jawa bilang "Gemah Ripah Loh Jinawi, Tata Titi Tentrem Kertaraharja, Dadi Kiblating Dunya" yang artinya Suatu negeri yang kekayaan alam yang berlimpah, keadaannya tenteram, menjadi kiblat bangsa-bangsa di dunia. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Referensi 1

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »