7 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang saat ini populer. Nama lain jahe adalah zingiberi (Yunani) atau singaberi (Sansekerta). Jahe sebenarnya adalah batang semu, dengan tinggi 30-100 cm, akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning kemerahan dan baunya menyengat. Selain digunakan sebagai rempah-rempah, jahe juga dapat digunakan sebagai bahan obat. Manfaat jahe sudah dirasakan oleh orang-orang jaman dahulu sampai sekarang, baik untuk menghangatkan badan, maupun untuk terapi beberapa penyakit serta pencegahan penyakit tertentu.

Revolusi Ilmiah - Jahe banyak manfaatnya bagi kesehatan
Jahe banyak manfaatnya bagi kesehatan. (Foto : iberita.com)

Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Bagi kesehatan sendiri, jahe yang disajikan dalam minuman memiliki manfaat yang cukup banyak.  Diantaranya : Membantu mengatasi migren sampai dengan Meningkatkan kebugaran. Berikut manfaat jahe bagi kesehatan yang diambil dari beberapa sumber.

1. Mengatasi dan mencegah migren

Migren atau nyeri kepala sebelah, umumnya dialami oleh orang yang mengalami stres. Dengan mengkonsumsi minuman jahe, membantu mengkondisikan tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman, sehingga gejala migren yang dialami dapat berkurang, selain itu juga dapat membantu mencegah terjadinya migren, sehingga bagi Anda yang sering mengalami migren, biasakan untuk konsumsi minuman jahe setiap hari.

2. Memperlancar sirkulasi darah

Gingerol yang ada dalam jahe sangat baik untuk memperlancar peredaran darah di tubuh. Efek yang timbul diantaranya tubuh menjadi lebih hangat. Peredaran darah yang lancar, sangat baik bagi tubuh dan pikiran seseorang.

3. Mengatasi demam

Sebagai salah satu bahan pengobatan, jahe dapat digunakan untuk mengobati demam, baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Minum minuman jahe pada saat mengalami demam dianjurkan, selain untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap fit, juga untuk mengatasi demam yang sedang terjadi. Namun, apabila demam yang terjadi berlangsung lebih dari 3 hari, sebaiknya tetap memeriksakan diri ke dokter terdekat.

4. Membantu menurunkan berat badan

Dalam diet untuk menurunkan berat badan, minuman jahe merupakan salah satu yang disarankan, hal tersebut berkaitan dengan proses metabolisme tubuh yang lebih tinggi pada saat minum jahe. Minum jahe rutin setiap hari, dapat membantu mengontrol berat badan yang diinginkan, selain pola hidup sehat.

Revolusi Ilmiah - Konsumsi jahe untuk mengatasi jerawat
Konsumsi jahe untuk mengatasi jerawat. (Foto : mbaeh.net)

5. Mengatasi jerawat

Jerawat yang timbul, terkadang mengganggu penampilan. Pengobatan tradisional yang dapat digunakan salah satunya adalah dengan jahe, baik secara lokal atau dioles maupun diminum. Minum jahe setiap hari selain dapat membantu mengatasi jerawat juga dapat membantu mencegah timbulnya jerawat di kulit, hal tersebut sangat berkaitan dengan proses peredaran darah di kulit yang lebih baik setelah mengkonsumsi jahe.

6. Mengobati sakit gigi

Nyeri pada saat sakit gigi dapat dikurangi dengan minum jahe. Hal tersebut berkaitan dengan efek jahe di saraf tubuh. Oleh karena itu apabila terjadi nyeri karena sakit gigi, sebaiknya konsumsi jahe guna mengurangi nyeri tersebut.

7. Meningkatkan kebugaran

Efek jahe yang dapat menghangatkan tubuh membuat tubuh lebih bugar, hal tersebut berkaitan dengan sirkulasi darah yang lebih lancar, sehingga optimalisasi kerja tubuh menjadi lebih baik. Rasa capek dan pegal-pegal dapat berkurang dengan konsumsi minuman jahe.

Demikian 7 manfaat jahe bagi kesehatan. Bahan-bahan alami di alam memang sangat baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi dengan baik dan benar selain itu juga bahan tersebut mudah untuk kita dapatkan. Rawat dan jaga alam kita, supaya kehidupan manusia dapat seimbang dengan alam, alam menservis manusia, begitu pula manusia seharusnya memakmurkan alam. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Referensi 1

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »