7 Cara Alami Turunkan Kolesterol

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. Cek kesehatan rutin adalah salah satu cara mengetahui dan mencegah berbagai penyakit yang timbul pada tubuh. Salah satu cek rutin adalah cek kolesterol darah. Cek kolesterol rutin dilakukan terutama bagi mereka yang menderita kolesterol tinggi. Meskipun kolesterol tinggi bukan sebuah penyakit, namun kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Penyakit yang dimaksud diantaranya Stroke, Penyakit jantung, Darah tinggi (Hipertensi) dan Diabetes. Oleh karena itu, selain pencegahan, perlu juga diketahui bagaimana cara menurunkan kolesterol tinggi. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara menurunkan kolesterol secara alami atau tanpa obat kimia konvensional.

Revolusi Ilmiah - Oatmeal sangat baik untuk menurunkan kolesterol.
Oatmeal sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

Cara Alami Turunkan Kolesterol

Menurut healthcentral, ada 7 cara alami untuk turunkan kolesterol dan menjadi sebuah diet oleh beberapa dokter di Amerika.

1. Makanan oat bran

Oat bran merupakan lapisan paling luar dari biji oat yang dapat dimakan dalam bentuk halus. Makanan tersebut sangat kaya akan beta-glucan yang dapat menurunkan kadar kolesterol (LDL) 10-30 mg/dL.

2. Flaxseed

Flaxseed adalah benih atau biji bunga Flax yang tumbuh di Amerika dan Kanada, mengandung rendah karbohidrat sehingga mudah dicerna selain itu juga kaya akan serat dan dapat menurunkan LDL. Flaxseed dapat ditaburkan dalam makanan harian.


3. Menghindari makanan dari tepung terigu

Makanan dari tepung terigu diantaranya roti, pasta, sereal. Makan tersebut dapat menyebabkan kenaikan LDL, oleh karena itu bagi Anda yang ingin berdiet rendah kolesterol sebaiknya hindari konsumsi makanan tersebut.

4. Menghindari makanan dengan indeks glikemik tinggi

Indeks glikemik tinggi artinya adalah makanan yang banyak mengandung gula tinggi, diantaranya makanan manis, softdrink, kue, kentang putih dan nasi putih. Jika Anda ingin menurunkan kolesterol tinggi, maka hindari makanan tersebut.


5. Mengkonsumsi kacang-kacangan yang belum diproses

Kacang-kacangan yang baik untuk diet rendah kolesterol yaitu kacang-kacangan yang belum diproses atau diberi garam. Kacang-kacang yang alami tersebut mengandung serat yang tinggi dan membuat kenyang. Disarankan untuk konsumsi Kacang Almond seperempat hingga setengah cangkir per hari untuk menurunkan LDL

6. Mengkonsumsi Niacin

Niacin atau vitamin B3 terdapat dalam jamur, ikan tuna, ikan salmon, hati domba dan asparagus. Niacin ini baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan perlu diketahui bahwa niacin merupakan salah satu bahan untuk kolesterol yaitu statin.

Revolusi Ilmiah - Kedelai dan Susu Kedela untuk Kesehatan
Kedelai dan Susu Kedela untuk Kesehatan.

7. Mengkonsumi soya

Soya atau kedelai merupakan pilihan yang baik untuk menurunkan kolesterol/LDL. Selain dalam bentuk susu, olahan soya yang lain seperti tempe dan tahu juga dapat dijadikan salah satu pilihan dalam proses menurunkan LDL secara alami.

Demikian 7 cara alami untuk menurunkan kolesterol. Namun yang perlu diperhatikan bahwa kolesterol juga diperlukan oleh tubuh, sehingga kekurangan kolesterol pun dapat menjadi masalah tersendiri, oleh karena itu selain dengan cara alami tersebut, tetaplah melakukan cek up rutin dan konsultasikan kepada dokter Anda supaya asupan kolesterolnya cukup, tidak lebih dan tidak kurang sesuai dengan diet yang sedang dilakukan. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT/Gambar 1)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »