Tips Diet Turunkan Asam Urat dan Kolesterol Dengan Cepat dan Alami

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. Asam urat merupakan sebuah pecahan purin (sejenis protein) yang terdapat dalam makanan maupun tubuh manusia. Pada orang dengan peningkatan asam urat dalam tubuh, menyebabkan nyeri sendi maupun pegal-pegal. Oleh karena itu diet asam urat penting adanya. Purin yang diperlukan tubuh setiap hari kurang lebih 600-1.000 mg. Khusus pada penderita asam urat, konsumsi purin yang diperbolehkan hanya sekitar 100-150 mg perhari. Sedangkan Kolesterol merupakan sejenis lemak yang terdapat dalam darah. Adanya kolesterol dalam darah merupakan proses sintesis dari makanan. Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya konsumsi kolesterol tidak lebih dari 200 mg per hari.

Revolusi Ilmiah - Seafood adalah jenis makanan dengan kandungan purin yang tinggi.
Seafood adalah jenis makanan dengan kandungan purin yang tinggi.

Diet Turunkan Asam Urat

Berikut beberapa diet pada penderita asam urat, sehingga kadar asam urat tubuh dapat turun sesuai yang diharapkan dan gejala yang timbul akibat kelebihan asam urat dapat diminimalisir.

1. Hindari makanan tinggi purin

Makanan yang perlu dihindari karena kandungan purin yang tinggi diantaranya : Daging merah, Jeroan, Roti manis, Unggas, Daging rusa, Macam-macam seafood (seperti Kepiting, Udang, Lobster, Ikan teri, Hering, Sarden).

2. Batasi makanan yang mengandung purin sedang

Makanan yang mengandung purin dalam jumlah sedang (sekitar 9-100 mg purin/100 gram bahan makanan) antara lain : Jamur, Kembang kol, Kacang kedelai, Nangka, Bayam, Pisang, Tauge dan Jagung manis.

3. Kurangi konsumsi lemak jenuh

Lemak jenuh, dalam tubuh dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat, sehingga perlu dikurangi konsumsinya meskipun diperbolehkan. Bahan makanan tersebut diantaranya : Minuman beralkohol, Bir dan Ragi.

4. Minum air putih yang cukup

Air putih dalam jumlah yang cukup di tubuh sangat baik dalam proses pengeluaran asam urat. Sehingga saran 2 liter air putih per hari sangat penting dalam menjaga tubuh supaya tidak kelebihan asam urat.

Diet Turunkan Kolesterol

Bagi penderita tinggi kolesterol, berikut tips diet untuk menurunkan kolesterol.

1. Mengurangi bahan makanan yang kaya akan kolesterol

Bahan makanan yang kaya akan kolesterol diantaranya : Kuning telur, Hati, Kerang, Mentega, Udang, Cumi dan Makanan cepat saji. Makanan kaya akan kolesterol, dengan cepat akan membuat peningkatan kolesterol dalam darah, sehingga dalam diet untuk menurunkan kolesterol makanan tersebut sebaiknya dikurangi atau dihindari.

Revolusi Ilmiah - Olahraga dan menjaga berat badan tubuh ideal.
Olahraga dan menjaga berat badan tubuh ideal.

2. Olahraga secara teratur

Berolahraga merupakan salah satu bentuk pola hidup bersih dan sehat. Pada kondisi kolesterol yang berlebih dalam tubuh, olahraga yang dianjurkan adalah minimal 3-4 kali dalam seminggu, dengan olahraga yang teratur dan terukur sesuai kebutuhan dan usia.

3. Menjaga berat badan ideal

Salah satu cara menurunkan kolesterol dengan cepat adalah dengan tetap menjaga atau mencapai berat badan tubuh yang ideal seusai dengan ideks masa tubuh (IMT) kurang lebih 24,1. Oleh karena itu bagi Anda yang sedang mengalami overweight (kelebihan berat badan), lakukan diet makanan secara umum untuk menurunkannya.

Demikian tips diet turunkan asam urat dan kolesterol dengan cepat dan alami. Bagi sebagian orang yang mengalami gangguan kelebihan asam urat dan kolesterol sangatlah tidak nyaman. Sebaiknya kontrol rutin untuk pemeriksaan asam urat dan kolesterol serta ikuti saran diet tersebut. Apabila ada gangguan dan keadaan yang kurang baik atau lebih buruk, segeralah konsultasikan kepada dokter Anda. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT/Gambar 1)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »