5 Manfaat Kacang-Kacangan Bagi Kesehatan

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. Kacang-kacangan merupakan sebutan untuk biji yang berukuran lebih besar dibandingkan dengan jenis sereal sebagai bahan makanan untuk manusia maupun ternak. Kacang-kacangan yang dikonsumsi manusia umumnya mengandung 9-13 gram serat setelah dimasak, selain serat, kacang-kacangan juga mengandung berbagai zat gizi semisal protein, asam folat, zat besi dan karbohidrat. Kandungan yang ada dalam kacang-kacangan itulah yang membuat jenis ini memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan. Manfaat apa saja yang terdapat dalam kacang-kacangan? Simak uraian selengkapnya berikut.

Revolusi Ilmiah - Kacang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
Kacang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Kacang-Kacangan

Dengan kandungan gizi yang berlimpah, kacang-kacangan memiliki manfaat mulai dari Membantu menurunkan kolesterol hingga Memperlambat penuaan dini. Oleh karena itu konsumsi kacang-kacangan sesuai yang disarankan sangat penting.

1. Membantu menurunkan kolesterol

Kacang-kacangan dalam porsi sedikit dalam menu makan setiap hari terbukti dapat menurunkan kadar LDL (lemak jahat) dalam tubuh, dengan penurunan kadar LDL darah, mengurangi resiko terkena penyakit jantung hingga 25 persen.

2. Mencegah kanker

IP6 merupakan salah satu kandungan dalam ekstrak kacang-kacangan. Secara penelitian, IP6 dapat membantu mencegah terjadinya kanker serta memerangi kanker tersebut. Dengan konsumsi kacang-kacangan sesuai kadar kebutuhan dan usia, kanker yang menjadi pembunuh nomer 2 dunia (dibawah penyakit jantung) dapat dicegah dan dihindari.

3. Bantu turunkan tekanan darah

Dari berbagai penelitian membuktikan bahwa asupan kacang secara rutin dan sesuai porsinya secara signifikan dapat menurunkan tekanan sistolik dan diastolik pada pengukuran tekanan darah. Janis kacang yang digunakan dalam penelitian tersebut diantaranya Kacang polong dan Kacang hitam.


4. Menurunkan berat badan dan Menjaga vitalitas tubuh

Sebuah studi di Amerika membuktikan bahwa dari 35 pria dengan obesitas yang secara acak menjalankan diet kacang-kacangan selama satu minggu menunjukkan kadar kolesterol dan tingkat metabolisme tubuhnya jauh lebih baik, ditunjukkan dengan penurunan nilai kolesterol, tekanan darah dan peningkatan vitalitas tubuh sebelum menjalani diet tersebut. Mereka sebagian mengaku merasa jauh lebih baik dan lebih bugar dibandingkan dengan sebelumnya.

Revolusi Ilmiah - Cegah penuaan dini dengan konsumsi kacang secara teratur dan terukur.
Cegah penuaan dini dengan konsumsi kacang secara teratur dan terukur.

5. Membantu memperlambat penuaan dini

Resveratol merupakan salah zat yang terkandung dalam Kacang hitam dan Lentil. Zat tersebut terbukti mampu memperlambat penuaan dini, dengan memperpanjang usia harapan hidup. Zat Resveratol juga terdapat dalam red wine yang membuat umur panjang pada sebagian orang Perancis.

Demikian 5 manfaat konsumsi kacang-kacangan bagi kesehatan dalam jumlah yang sesuai dan rutin setiap hari. Kandungan yang baik dalam kacang-kacangan sangat diperlukan tubuh, namun bagi mereka yang mengalami gangguan kesehatan semisal asam urat, memang memerlukan diet rendah kacang-kacangan. Menjaga kesehatan dengan konsumsi yang benar dan seimbang serta pola hidup bersih dan sehat perlu dilakukan, karena mencegah jauh lebih baik dan murah dibandingkan dengan mengobati. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT/Gambar 1)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »