Ketahui 5 Manfaat Hebat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. Olahraga merupakan salah satu kegiatan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Salah satu olahraga yang mudah dan murah bahkan tanpa biaya adalah berjalan kaki. Berjalan kaki merupakan bentuk kerjasama tubuh yang harmonis, dan hampir semua organ beraktivitas dengan baik. Jumlah langkah yang disarankan setiap hari adalah antara 7.000 hingga 10.000 langkah. Apabila kurang langkah maka kesehatan tubuh dapat terganggu karena kurang aktivitas, namun langkah yang berlebihan pun juga tidak baik, karena dapat menyebabkan kelelahan yang berlebihan, dan apabila terus berlanjut dapat mempengaruhi kesehatan secara umum. Apa saja manfaat dari berjalan kaki yang rutin setiap hari dengan langkah yang cukup, bagi kesehatan? Kita simak uraian selengkapnya.

Revolusi Ilmiah - Rutin berjalan kaki dapat meningkatkan vitalitas tubuh secara umum.
Rutin berjalan kaki dapat meningkatkan vitalitas tubuh secara umum.

Manfaat Berjalan Kaki

Dengan berjalan kaki, sebenarnya kita sedang mengoptimalkan kerja tubuh, sehingga tubuh akan merespon positif aktivitas kerja kita tersebut. Manfaat yang didapatkan dari berjalan kaki yaitu mulai dari Mengurangi stres sampai dengan Mencegah serangan jantung, seperti dikutip dari coolhealthtips.

1. Membantu mengurangi stres

Stres yang dialami seseorang dibagi menjadi stres fisik dan psikis. Dengan berjalan kaki secara rutin (olahraga dengan berjalan kaki) dan senang hati maka stres yang dialami dapat berkurang, apalagi berjalan kaki dilakukan dalam lingkungan dan suasana yang kondusif. (Baca juga : 4 Cara Mudah Mengatasi Stres dan Depresi)

2. Membantu mendapatkan berat badan ideal

Berat badan yang ideal adalah dambaan setiap manusia. Berjalan kaki adalah salah satu cara untuk menjaga supaya tubuh tetap dalam kondisi ideal. Rutin berjalan kaki dengan porsi yang cukup dapat membantu menjaga tubuh, apabila tubuh kelebihan maka akan diturunkan, sedangkan apabila kekurangan maka tubuh akan mengkompensasi untuk merangsang tubuh supaya makan dalam jumlah yang cukup.

3. Mencegah diabetes

Diabetes atau kencing manis merupakan salah satu penyakit degeneratif yang sering dialami oleh para lanjut usia (lansia). Oleh karena itu, segera cegah sedini mungkin sakit diabetes tersebut dengan rutin berjalan kaki. Sampai saat ini pengobatan diabetes harus terus menerus, sulit untuk dapat sembuh secara total, sehingga alangkah baiknya jika kita mencegah sejak dini.

Revolusi Ilmiah - Tampak awet muda dengan rutin berolahraga.
Tampak awet muda dengan rutin berolahraga.

4. Tampak lebih awet muda

Olahraga secara umum memang dapat membantu penampilan supaya lebih awet muda. Tak terkecuali berjalan kaki rutin. Bahkan, apabila dilakukan dengan sebaik-baiknya, bukan mustahil kita akan tampak jauh lebih muda dibandingkan dengan usia kita. Suatu cara alami untuk menjaga penampilan, disamping mudah dan murah.

5. Mencegah serangan jantung

Salah satu faktor resiko penyakit jantung adalah kurangnya aktivitas fisik. Sehingga hal tersebut perlu kita hindari, salah satunya dengan rutin olahraga berjalan kaki. Sayangi jantung anda dengan rutin berjalan kaki setiap hari, lebih disarankan apabila berjalan kaki pada saat pagi hari, selain menyehatkan tubuh secara umum termasuk jantung, juga dapat membantu menjaga kesehatan organ tubuh khusus terutama paru-paru, karena pada pagi hari udara masih relatif segar dibandingkan dengan siang dan sore hari.

Demikian 5 manfaat berjalan kaki bagi kesehatan kita. Lebih baik mencegah daripada mengobati adalah semboyan kita supaya kita tetap menjaga kesehatan tubuh, terutama pada saat sehat. Berjalan kaki adalah salah satu alternatif dan dapat kita jadikan kebutuhan. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT/Gambar 1)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »