3 Tips Mudah Mencegah Jerawat Secara Alami

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. Jerawat bisa menjadi momok sebagian orang, umumnya mereka merasa malu, kurang percaya diri, bahkan sampai mengucilkan diri dari pergaulan sekitar, terlebih lagi bagi mereka yang sedang melakukan perawatan kulit muka. Berbagai cara dilakukan supaya jerawat tidak timbul, bahkan dengan menggunakan berbagai bahan kimia yang dapat berbahaya untuk muka. Namun, ternyata ada cara-cara alami yang dapat dilakukan dalam rangka menjaga kulit wajah supaya jerawat tidak mudah timbul, dan cara alami efeknya jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan bahan kimia.

Revolusi Ilmiah - Jerawat perlu dicegah supaya kepercayaan diri terjaga.
Jerawat perlu dicegah supaya kepercayaan diri terjaga.

Mencegah Jerawat Secara Alami

Semboyan mencegah lebih baik daripada mengobati sangat cocok untuk pencegahan jerawat ini. Karena proses penyembuhan jerawat harus hati-hati, supaya tidak menimbulkan sisa di kulit atau bahkan lebih parah. Berkut cara pencegahan jerawat secara alami mengutip dari sahabatsehat.

1. Konsumsi serat

Konsumsi serat dalam buah dan sayur sangat baik untuk membantu melarutkan lemak jahat dalam tubuh, sehingga kadar lemak dalam tubuh terutama di kulit wajah dapat berkurang secara alami. Selain itu serat juga baik dalam membantu melancarkan saluran pencernaan tubuh serta mengatasi gangguan pada saluran pencernaan.

2. Kurangi makanan berlemak

Makanan berlemak yang perlu dikurangi dalam rangka mencegah jerawat adalah kacang-kacangan, coklat dan masakan goreng-gorengan. Produksi lemak yang berlebihan ditambah dengan konsumsi lemak berlebih menjadi salah satu faktor resiko terjadinya jerawat. Oleh karena itu apabila ingin berusaha mencegah terjadinya jerawat perlu mengurangi makanan-makanan yang banyak mengandung lemak tersebut. Proporsi yang cukup akan membuat tubuh lebih bugar dengan kulit yang lebih terjaga.

Revolusi Ilmiah - Minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh.
Minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Konsumsi air yang cukup

Kebutuhan cairan seseorang perhari adalah rata-rata 2 liter. Oleh karena itu perlu konsumsi air minum minimal 2 liter per hari. Air minum yang disarankan adalah air putih yang telah direbus sehingga lebih bersih dan sehat. Cairan ini lah yang diperlukan oleh sel-sel tubuh untuk melangsungkan proses kehidupannya. Cairan yang cukup membuat tubuh dapat beraktivitas dengan baik, namun apabila terjadi kekurangan cairan atau dehidrasi maka tubuh akan mengkompensasi dengan berbagai cara diantaranya pengkerutan kulit, sehingga kondisi kulit menjadi tidak sehat, hal tersebut membuat jerawat akan mudah timbul.

Demikian 3 cara alami mencegah jerawat pada wajah, mudah bukan? Namun disamping 3 cara tersebut, yang lebih penting juga Menjaga pola hidup bersih dan sehat dan Menjaga kebersihan muka. Selama cara tersebut dilakukan dengan baik dan rutin maka jerawat dapat dicegah kemunculannya. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT/Gambar 1)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »