Ingin Mencukupi Kebutuhan Serat Tubuh? Konsumsi 5 Makanan Berikut

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. Sering kita mendengar bahwa tubuh memerlukan jumlah serat tertentu untuk menjaga kesehatannya. Serat merupakan salah satu zat makanan yang penting bagi tubuh, dimana sumber dari serat ini bisa dari hewan maupun tumbuhan. Manfaat serat untuk kesehatan diantaranya Mencegah gangguan pencernaan dan Membantu menurunkan berat badan. Kebutuhan serat pada orang dewasaa adalah 20-35 gr/hari atau 10-13 gr/1000 kkal menu makan. Khususnya serat tumbuhan yang baik untuk kesehatan tubuh, serat tersebut berasal dari tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang mudah kita dapatkan setiap hari, namun terkadang kita kurang menyadarinya. Nah, bahan makanan apa saja yang mengandung serat tinggi yang diperlukan oleh tubuh? Simak ulasan selengkapnya.

Revolusi Ilmiah - Kacang almond memiliki kandungan serat tinggi bagi kesehatan tubuh.
Kacang almond memiliki kandungan serat tinggi bagi kesehatan tubuh.

Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat tinggi tidak harus mahal, atau sulit ditemukan, ternyata mereka murah dan mudah ditemukan, bahkan mungkin ada di sekitar rumah kita. Berikut 5 bahan makanan berserat tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh kita seperti dilansir wolipop.

1. Buah alpukat

Alpukat ternyata memiliki banyak serat yang baik untuk kesehatan tubuh, dalam setiap setengah potong alpukat terdapat kurang lebih 6 gram serat. Kandungan yang baik tersebut membuat buah alpukat menjadi salah satu pilihan terapi untuk mencukupi kebutuhan serat yang diperlukan tubuh.

2. Kacang-kacangan

Walnut dan almond adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan serat tinggi, kedua kacang tersebut dianjutkan untuk mencukupi kebutuhan serat tubuh. Meskipun demikian bagi penderita asam urat, tetap harus membatasi konsumsi kacang secara berlebihan.

3. Gandum

Makanan yang memiliki bahan dasar gandum diantaranya roti, juga memiliki serat tinggi. Selain sebagai bahan pokok, ternyata gandum juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh per hari.

Revolusi Ilmiah - Buah-buahan dengan serat tinggi perlu dikonsumsi rutin setiap hari.
Buah-buahan dengan serat tinggi perlu dikonsumsi rutin setiap hari.

4. Buah-buahan

Pisang, Jeruk dan Apel adalah pilihan buah yang mengandung serat tinggi bagi tubuh. Sehingga ketiga jenis buah tersebut umumnya digunakan untuk menjaga ketahanan tubuh terutama bagi mereka yang sedang melakukan diet makanan.

5. Sayur-sayuran

Jenis sayur-sayuran yang mengandung serat tinggi diantaranya Bunga kol dan Bayam. Kedua jenis sayuran tersebut selain mengadung serat tinggi juga memiliki rasa yang enak dengan berbagai pengolahannya. Oleh karena itu, membiasakan makan sayuran sedini mungkin sangat baik untuk menjaga kesehatan.

Itulah 5 bahan makanan yang mengandung serat tinggi yang tentu saja baik untuk kesehatan. Namun tetap perlu diingat, bahwa makanan apapun tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan gizi untuk tubuh, sehingga diperlukan variasi makanan, selain itu kita juga akan mudah untuk bosan mengkonsumsi makanan tertentu apabila cara pengolahan dan sajiannya terlalu sering. Pemilihan menu, pengolahan dan penyajian adalah salah satu cara untuk meningkatkan nafsu makan dan menjaga supaya diet makan berhasil. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT/Gambar 1)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »