Cegah Kanker Prostat dengan Vitamin D

REVOLUSIILMIAH.COM - Vitamin D umumnya digunakan untuk tujuan mempertahankan keseimbangan tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang. Selain itu juga manfaat vitamin D sendiri adalah menjaga supaya tubuh tetap dalam kondisi fit dan bugar karena vitamin D dapat membantu menjaga kekebalan tubuh secara umum. Baru-baru ini ada penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen vitamin D dapat membantu mencegah dan memperlambat berkembangnya kanker prostat.

Revolusi Ilmiah - Supplemen Vitamin D terbukti membantu mencegah Kanker Prostat
Supplemen Vitamin D terbukti membantu mencegah Kanker Prostat. (Foto : berita9online)

Cegah Kanker Prostat

“Vitamin D menurunkan peradangan pada jaringan, dan peradangan adalah sebuah setir kanker”, diterangkan oleh Bruce Hollis, seorang peneliti dan profesor dokter anak, biologi molekuler dan biokimia di Fakultas Kedokteran Universitas Carolina Selatan di Charleston.
Untuk penelitian tersebut, peneliti memilih secara acak 37 orang laki-laki yang terpilih untuk melakukan pengangkatan prostat, kemudian mereka menerima 4,000 IU vitamin D atau sebuah placebo yang tdk aktif, setiap hari selama 60 hari sebelum operasinya. 
Saat kelenjar prostat diperiksa setelah pembedahan, peneliti menemukan bahwa beberapa dari yang menerima vitamin D mengalami  perubahan pada tumor prostatnya, yang mana tumor tersebut pada grup placebo masih sama atau malah memburuk. 
“Pada lebih dari 60% dari yang mengkonsumsinya, vitamin D sebenarnya membuat kanker membaik,” kata Hollis. Hollis melaporkan bahwa pada beberapa kasus tumor menyusut dan pada kasus kanker yang lain pergi. Bagaimanapun, penelitian itu kecil, dan dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada skala yang lebih besar dalam jangka waktu yang tidak hanya untuk beberapa tahun mendatang, tambahnya.
Dokter sering merekomendasikan sebuah masa “lihat dan tunggu” untuk laki-laki dengan tumor prostat stadium awal, atau kurang agresif. Tetapi beberapa pasien dan keluarganya tidak nyaman menunggu dan lebih memilih pembedahan sebelum hal itu dianggap perlu secara medis. Penemuan ini memperkirakan bahwa mengkonsumsi vitamin D mungkin membantu mengurangi kebutuhan untuk terapi radikal yang demikian.
Namun Dr. Anthony D’Amico, kepala bagian Radiasi Onkologi Brigham dan Rumah sakit wanita di Boston, mengatakan bahwa penelitian ini terlalu kecil untuk mencapai kesimpulan yang definitif mengenai nilai vitamin D dalam melawan kanker prostat. 
“Ini terlalu dini untuk membuat kesimpulan”, katanya. Penemuan itu juga perlu direplikasikan pada sebuah pasien dengan jumlah lebih besar“, kata D’Amico. D’Amico menekankan bahwa laki-laki tidak sebaiknya mulai mengkonsumsi vitamin D dengan harapan memperlambat atau menyembuhkan kanker prostat.
Vitamin D, diketahui sebagai “vitamin sinar matahari,” yang diproduksi oleh tubuh saat ia terpapar matahari. Hal itu juga ditemukan pada Produk olahan harian dan Lemak ikan.

Sumber : 1
Editor : M-ANT

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »