4 Tanda Bahaya Pada Si Kecil yang Perlu Anda Ketahui

REVOLUSIILMIAH.COM - Anak adalah Anugrah Tuhan dan sudah sepantasnya Orang Tua wajib menjaganya. Bahkan untuk si kecil, orang tua rela mengorbankan segalanya. Menjaga si kecil perlu dilakukan dengan baik dan benar, sehingga pertumbuhan dan perkembangan si kecil dapat berlangsung dengan baik dan optimal, sehingg hal-hal yang mengganggu tumbuh kembang perlu diketahui dan diwaspadai. 4 tanda bahaya berikut ini perlu diwaspadai pada anak Anda supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, karena lebih dari 60.000 anak berusia antara 1 bulan hingga 5 tahun meninggal di Afrika Selatan tiap tahun karena hal tersebut. Beberapa dari mereka meninggal di dalam rumah, meskipun letaknya tidak jauh dari pelayanan kesehatan.

Revolusi Ilmiah - Bayi menangis perlu mendapatkan perhatian
Bayi menangis perlu mendapatkan perhatian. (Foto : vemale)

4 Tanda Bahaya

Berdasarkan Esme Abrahams, Manager Netcare Garden City Hospital, lebih dari 7000 anak Afrika Selatan di bawah usia 15 tahun kehilangan nyawanya akibat dari berbagai cedera tiap tahunnya. Dengan kata lain bahwa ada sekitar 20 anak per harinya.
Anak Anda sangatlah berharga, sehingga beberapa kecelakaan, kematian dan penyakit serius dapat dicegah jika Anda mengetahui apa yang harus anda perhatikan dan lakukan.

Tanda bahaya kesehatan yang wajib diperhatikan pada si kecil :  

1. Tanda kesulitan bernafas

Kesulitan bernafas dapat muncul dalam beberapa cara. Hal ini meliputi JNafas cuping hidung, Tertarik masuknya kulit dan otot di bawah/di antara tulang rusuk saat bernafas (retraksi), dan Nafas yang cepat.

2. Tanda dehidrasi

Adanya mulut yang kering, sedikit atau tidak adanya air mata saat menangis, menurunnya jumlah air kencing serta kehausan yang berlebihan.

3. Tanda cedera kepala

Dengan sebuah Riwayat cedera kepala (anak jatuh pada bagian kepala, atau  terkena kepalanya) maka  perhatikanlah  jika ada Penurunan derajat kesadaran, Muntah, Tingkah laku aneh, Mengantuk yang berlebihan, serta Kelemahan pada bagian tubuh tertentu.

4. Tanda infeksi berat

Seringkali penyebab infeksi tidak segera diketahui seperti dalam Kasus infeksi telinga tengah atau Infeksi saluran kencing. Waspadalah pada kasus Demam tinggi, Menolak makan atau pun minum, Nadi dan Nafas yang cepat.
Singkatnya, jika ada hal berikut ini yang muncul, maka anak anda membutuhkan pelayanan medis segera :
  • Menolak atau tidak dapat menyusu/minum,
  • Muntah dan/atau diare berlebihan,
  • Anak letargi (lemah) atau tidak respon atau mempunyai bersikap aneh,
  • Adanya kejang atau FITS.  

Tanda-tanda tersebut perlu dipahami dan diperhatikan, sehingga penanganan yang cepat dan tepat pada si kecil dapat dilakukan dengan baik. Jika tanda tersebut muncul, saran utama adalah jangan panik, segera cari pelayanan kesehatan terdekat dan ikuti saran dokter yang diberikan.


Sumber : 1
Editor : M-ANT

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »