5 Khasiat Daun Sukun Kering Bagi Kesehatan

REVOLUSIILMIAH.COM - Sukun bukanlah pohon yang asing bagi Masyarakat Indonesia. Pohon yang sudah sejak lama digunakan untuk berbagai keperluan penanganan kesehatan. Pohon yang berbuah tanpa biji tersebut dikenal oleh orang eropa sebagai buah roti. Buahnya banyak dimanfaatkan untuk hidangan, misalnya sukun goreng maupun sukun rebus. Selain buah, ternyata daun sukun yang berbentuk lembaran besar, sedang maupun kecil dan memiliki karaktergaris yang tegas dengan warna hijau, dapat berkhasiat untuk Menjaga kesehatan dan Mengobati Berbagai macam penyakit.

Revolusi Ilmiah - Daun sukun kering dan rebusannya
Daun sukun kering dan rebusannya. (Foto : pondokibu)

5 Khasiat Daun Sukun Kering

Daun Sukun yang dikeringkan mengandung berbagai senyawa seperti Riboflavin, Asam Hidrosianat, Asetilkolan dan Zat-zat anti inflamasi. Kandungan itulah yang banyak digunakan orang untuk mendapatkan efek positif dari daun sukun kering, mulai dari Membantu menurunkan resiko penyakit Jantung sampai dengan Membantu pengobatan alergi

1. Membantu Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menakutkan akhir-akhir ini, tidak hanya yang berusia lanjut, tetapi usia muda pun dapat terkena. Salah satu resiko penyakit jantung adalah Tekanan darah tinggi. Dengan terkontrolnya tekanan darah tinggi maka resiko terkena penyakit jantung dapat dikurangi. Daun sukun kering dalam bentuk teh dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memperlancar peredaran darah dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

2. Mencegah Terbentuknya Sel Kanker

Kanker terjadi karena adanya kerusakan atau mutasi dari sel-sel normal tubuh. Kanker dapat muncul pada berbagai macam organ tubuh manusia, bahkan dapat bermetastasis atau menyebar ke seluruh tubuh. Hal yang penting adalah bagaimana mencegah supaya tidak terjadinya kanker dengan berbagai antioksidan. Daun sukun kering mengandung antioksidan, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mencegah kanker tersebut.

3. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi umumnya disebabkan karena gigi berlubang atau adanya infeksi pada gigi. Daun sukun kering dapat berkhasiat untuk membunuh bakteri yang menyerang pada gigi dengan cara berkumur dari rebusannya. Selain membunuh bakteri, daun sukun kering dapat pula berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit gigi yang sedang menyerang, serta mencegah sakit yang berulang. Sehingga, bagi Anda yang sering mengalami sakit gigi sebaiknya sedia selalu daun sukun kering. Konsultasikan kepada Dokter Gigi Anda apabila permasalahan gigi berlanjut.

4. Mengatasi Perdarahan

Khasiat daun sukun kering yang sering digunakan oleh seorang Ibu yang melahirkan adalah mengatasi perdarahan yang timbul paska melahirkan. Caranya dengan minum rebusan sukun kering 3 kali sehari paska persalinan sampai kondisi perdarahan pulih. Hal tersebut dikarenakan daun sukun kering melancarkan sistem peredaran darah serta membantu pembekuan darah yang diperlukan oleh seorang ibu paska melahirkan.

5. Membantu Pengobatan Alergi

Alergi dapat terjadi pada seseorang akibat hipersensitivitas terhadap alergen atau penyebab alergi. Pada seseorang, alergi dapat timbul mulai dari ringan sampai dengan berat. Penyebab alergi harus dicari guna mencegah terjadinya alergi. Dengan daun sukun kering, alergi dapat berkurang karena daun sukun membantu membuat kekebalan tubuh. Oleh karena itu, konsumsilah rutin rebusan daun sukun kering untuk mendapatkan efek terapi bagi alergi, selain tentu saja menghindari alergen.

Demikian 5 khasiat daun sukun kering yang dapat digunakan melalui rebusan dan dikonsumsi rutin. Meskipun termasuk pengobatan alami, tetap saja perlu dikonsultasikan kepada Dokter Anda guna mendapatkan terapi yang optimal. Dan yang lebih utama lagi bagaimana Pola Hidup Bersih dan Sehat tetap harus dijaga dengan sebaik-baiknya. (M-ANT)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »