6 Tips Mencegah Gula Darah Naik

REVOLUSIILMIAH.COM - Sebisa mungkin seseorang akan mengendalikan kadar gula darahnya hingga normal sesuai dengan usia. Hal tersebut disebabkan apabila kadar gula darah tinggi maka akan menyebabkan gangguan dalam proses penyembuhan maupun efek negatif lainnya seperti gangguan penglihatan. Sebaliknya, apabila kadar gula rendah atau hipoglikemia maka yang terjadi adalah badan mudah lelah dan capek, konsentrasi menurun, bahkan sampai pingsan. Tindakan pengobatan perlu dilakukan apabila kadar gula naik maupun turun, namun apabila kita dapat mencegah terjadinya hal tersebut, bukankah lebih baik. Dan ternyata, mencegah kadar gula darah naik tidaklah sulit dan dapat dengan mudah dilakukan.

Revolusi Ilmiah - Cegah sedini mungkin peningkatan kadar gula darah
Cegah sedini mungkin peningkatan kadar gula darah. (Foto : dewagratis)

6 Tips Mencegah Kadar Gula Darah Naik

Berikut 6 tips bagaimana supaya kadar gula darah tidak naik seperti dikutip dari Health, mulai dari Rutin tes gula darah sampai dengan Kontrol dan Konsultasi rutin kepada dokter yang merawat Anda.

1. Melakukan Tes Kadar Gula Darah secara rutin

Tes gula yang dimaksud minimal adalah Tes kadar gula sebelum makan dan 2 jam setelah makan secara rutin, misalnya setiap bulan. Hal tersebut sangat penting guna mencegah terjadinya peningkatan kadar gula yang signifikan maupun mendadak. Selain itu juga dapat digunakan untuk indikator keberhasilan dalam menjalankan diet dan terapi mengontrol kadar gula.

2. Memahami Pola Kenaikan Kadar Gula Darah

Kadar gula terkadang meningkat pada pagi hari, hal tersebut dimungkinkan karena produksi gula yang terlalu banyak pada malam hari. Contoh tersebut mengindikasikan bahwa peningkatan kadar gula memiliki sebuah pola yang berlangsung setiap hari. Oleh karena itu, pahami dan kenali pola peningkatan kadar gula, sehingga terapi yang diberikan dapat lebih tepat dan efektif.

3. Melakukan Beberapa Perubahan Pola Hidup

Perubahan pola hidup yang dimaksud misalnya olahraga rutin 3 kali dalam seminggu, istirahat yang cukup minimal 6 jam sehari dan Membatasi konsumsi gula dan karbohidrat dalam menu makan atau minum setiap hari.

4. Mengontrol Makanan dan Minuman yang dikonsumsi

Mengontrol makan dan minum merupakan sebuah langkah penting dalam menjaga supaya kadar gula darah tidak naik. Tanyakan kepada Dokter yang merawat tentang bagaimana pola makan dan minum yang disarankan. Dengan kontrol yang baik, maka kadar gula tidak akan naik maupun turun secara drastis.

5. Bersikap Tenang

Kadar gula darah dapat meningkat pada orang yang sedang stres atau gangguan psikologis. Oleh karena itu, menjaga pikiran supaya tetap tenang dan rileks sangat penting untuk dilakukan. Selain mencegah peningkatan kadar gula darah, bersikap tenang dapat menjaga kesehatan tubuh secara umum.

6. Konsultasi dengan Dokter yang Merawat

Berkonsultasi maupun Bertukar pikiran dengan dokter yang merawat Anda sangat penting untuk dilakukan. Dokter dapat memberikan masukan dan penanganan terhadap kenaikan kadar gula darah maupun proses pencegahan yang perlu untuk dilakukan. Jangan ragu dan sungkan, karena semua itu demi kebaikan Anda.

Demikian 6 tips mencegah kadar gula darah naik, semoga cara mudah tersebut dapat dilakukan dengan baik dan rutin. Melakukan pencegahan jauh lebih bijak dibandingkan dengan fokus dalam pengobatan sehingga meremehkan anjuran dan saran dari Ahli yang memberikan. Memang benar, mencegah lebih baik daripada mengobati. (M-ANT)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »