7 Cara Efektif Usir Migrain

REVOLUSIILMIAH.COM - Migrain (Sakit kepala sebelah) merupakan sebuah gangguan pada seseorang yang bersifat kronik atau lama, yang ditandai dengan adanya sakit kepala, sakit kepala dapat ringan sampai dengan berat. Gejala tersebut sangat erat kaitannya dengan gangguan pada sistem saraf otonom. Selain sakit kepala sebelah, gejala yang dapat menyertai diantaranya Mual, Muntah, Fotofobia (sensitif terhadap cahaya), Fonofobia (sensitif terhadap suara). Tanda yang dapat diamati dari Migrain adalah adanya sakit kepala yang unilateral atau hanya mengenai separuh kepala, Berdenyut dan Berlangsung antara 2 jam sampai 3 hari. Migrain yang sering muncul dan tidak teratasi, dalam jangka waktu yang relatif lama dapat mengganggu kesehatan tubuh secara umum, oleh karena itu, perlu ada penanganan khusus dalam hal pencegahan dan penanganan saat migrain menyerang.

Revolusi Ilmiah - Migrain dapat menyerang dimana saja dan kapan saja
Migrain dapat menyerang dimana saja dan kapan saja. (Foto : myliferia)

7 Cara Efektif Usir Migrain

Berikut 7 cara efektif yang dapat diterapkan guna mengusir migrain, seperti dikuti dari The Huffington Post, mulai dari Pencegahan sampai dengan Perbanyak Minum.

1. Lakukan Pencegahan

Pencegahan adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan migrain. Pelajari dan ingatlah apa yang menjadi penyebab munculnya migrain, mulai dari makanan, gerakan tubuh hingga gaya hidup. Setelah Anda menemukannya, segera singkirkan hal-hal tersebut dari rutinitas harian Anda.

2. Melakukan Sesuatu saat Migrain Menyerang

Ketika migrain menyerang, segera lakukan sesuatu, semakin cepat Anda merespon, semakin besar kesempatan Anda untuk “mengusirnya” dengan cepat. Misalnya : Minum obat segera, kemudian  ambil sedikit waktu untuk berjalan-jalan di halaman sekitar rumah atau meletakkan tubuh Anda di tempat tidur atau sofa untuk tidur sebentar. Ini akan membuat Anda lebih segar dan mengurangi rasa sakit di kepala akibat migrain.

3. Beradaptasi dengan Lingkungan

Lakukan adaptasi, dengan apapun yang Anda bisa lakukan, untuk membantu penyembuhan. Misalnya : Meredupkan lampu ruangan dan Cahaya layar monitor atau televisi Anda, Mematikan nada dering ponsel dan tutup pintu ruangan untuk meminimalkan risiko gangguan cahaya dan suara.

4. Membuat Skala Prioritas Pekerjaan

Pada saat migrain menyerang, tentu saja konsentrasi dan produktivitas sulit untuk berkompromi dan cenderung menurun. Oleh karena itu, segera lakukan identifikasi, mana tugas terpenting yang harus segera diselesaikan dan mana yang bisa didelegasikan atau dijadwalkan kembali sebagai bentuk tanggungjawab Anda. Usahakan untuk menghemat energi supaya Anda bisa menyelesaikan tugas penting dengan maksimal. Selesaikan dengan cepat dan efisien. Dalam hal tersebut, menjaga kesehatan dan komitmen kerja dapat dilakukan dengan baik.

5. Lakukan Pemulihan Paska Serangan

Setelah migrain berlalu, beri waktu pada diri Anda untuk merasa benar-benar pulih. Tentunya dibutuhkan waktu untuk menghilangkan lelah, lemah, dan sakit kepala. Oleh karenya, jangan paksakan diri untuk langsung menyelesaikan semua pekerjaan dan tugas, hingga Anda benar-benar merasa sehat dan segar.

6. Jangan Lewatkan Waktu Makan

Melewatkan waktu maka dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya Migrain. Oleh karena itu jangan melewatkan waktu makan Anda. Dan pada saat selesai serangan Migarain, juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi yang sederhana, namun memenuhi kebutuhan kalori yang cukup dan sebaiknya dengan konsistensi yang lunak atau cair, hal tersebut juga berguna untuk mencegah timbulnya mual.

7. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Tahukah Anda, bahwa kekurangan cairan bisa memicu munculnya migrain? Karena itu, selalu cukupi kebutuhan cairan Anda, misalnya dengan menyediakan botol atau gelas berisi air di meja tempat Anda bekerja, supaya Anda tak lupa untuk minum dan tak menunggu hingga sangat haus untuk minum.

Demikian 7 cara efektif untuk mencegah dan mengatasi migrain. Sesuaikan dengan situasi dan kondisi Anda. Apabila keluhan Migrain tetap bertahan atau muncul setelah cara tersebut dilakukan, konsultasikan dengan Dokter Anda, mungkin ada gejala lain yang menyertai timbulnya Migrain Anda sehingga perlu tindakan medis lainnya. (M-ANT)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »