Wanita Lebih Panjang Umur Dibandingkan Pria?

REVOLUSIILMIAH.COM - Wanita dan Pria secara umum memiliki perbedaan terutama dalam hal hormonal dan perilaku. Perbedaan ini terkadang menjadi sebuah isyarat untuk menentukan umur seseorang dan banyak yang beranggapan bahwa umur pria cenderung lebih lama dari wanita. Namun mari kita cermati, Siapa yang tidak kenal dengan Misao Okawa? wanita asal jepang tersebut dinobatkan oleh Guinnes World Records menjadi wanita tertua di dunia, dalam umurnya yang ke 117 pada bulan Maret 2015 lalu. Ternyata, catatan tersebut bukan hanya sebatas rekor saja, tetapi ada makna yang lebih dalam yaitu bahwa wanita cenderung lebih lama bertahan hidup dibandingkan dengan pria, benarkah demikian? Sulit memang mempercayai hal tersebut, namun kecenderungan tersebut akhir-akhir ini mulai muncul dan semakin terbuktikan.

Revolusi Ilmiah - Benarkah wanita lebih panjang umur dibandingkan Pria
Benarkah wanita lebih panjang umur dibandingkan Pria? (Foto : sapujagat)

Diet dan Faktor Penyakit Mempengaruhi Kecenderungan Hidup

Seperti dikutip dari foxnews, saat ini, ada 53 supercentenarians atau orang yang berusia lebih dari 110 tahun yang hidup di dunia dan 51 orang diantaranya adalah wanita. Hal tersebut berarti bahwa 95 persen dari supercentenarians adalah wanita. Lebih lanjut lagi, Tim peneliti internasional melakukan investigasi rentang hidup pria dan wanita yang lahir antara tahun 1800 dan 1935 di 13 negara maju untuk mencari jawaban. Hasilnya, peneliti tersebut menemukan bahwa umur sangat panjang pada wanita hanya muncul baru-baru ini atau satu dekade terakhir.
Padahal, sebelum 1840, angka kematian antara pria dan wanita sangat mirip dan berimbang. Namun, semenjak 1880 angka tersebut cenderung menurun jauh. Menurut Proceedings of the National Academy of Sciences, Diet, vaksinasi, dan perawatan kesehatan yang lebih baik membuat tingkat kematian perempuan turun hingga 70% dibanding pria. Bahkan, penyakit jantung pun "seakan hanya" menyerang para pria.

Peneliti melihat, secara biologis, para pria lebih rentan terhadap masalah kesehatan seperti jantung dan berat badan mereka yang cenderung tidak terkontrol serta diet yang kurang diperhatikan. Hal-hal tersebut sangat berperan menjadi penyebabnya.
Namun meskipun kecenderungan tersebut mulai muncul, para peneliti tetap berencana untuk mengeksplorasi lebih lanjut perbedaan pria dan wanita dilihat dari faktor biologis, genetis, dan gaya hidup untuk mendapatkan jawaban yang lebih lengkap dan akurat.

Usia memang hak prerogatif Tuhan YME, namun sebenarnya prinsip menjaga kesehatan adalah dengan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Diet Seimbang, entah itu dilakukan oleh Pria maupun Wanita. Tanpa hal tersebut, bukan sebuah jaminan bahwa jenis kelamin dapat menentukan lama tidaknya umur seseorang, siapa yang menjaga kesehatan tentunya memiliki kecenderungan untuk memilik usia yang lebih lama, setujukah Anda? (OKW)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »