Tips Aman Memilih dan Menggunakan Pembalut

REVOLUSIILMIAH.COM - Bagi seorang wanita, pada masa suburnya, pembalut merupakan sarana yang wajib ada untuk menjaga kesehatan organ reproduksinya. Sarana tersebut digunakan pada saat menstruasi, dimana pembalut akan menyerap darah dari vagina supaya tidak meleleh ke mana-mana. Pembalut juga digunakan pada saat pembedahan vagina, Setelah aborsi, Setelah melahirkan maupun situasi dan kondisi yang bergunauntuk menyerap darah atau cairan yang keluar melalui vagina. Manfaat yang besar mengenai pembalut ini ternyata juga memiliki kerugian, terutama bahan yang digunakan oleh pembalut serta efek yang ditimbulkan jika penggunaan pembalut tidak benar. Berikut bagaimana cara memilih dan menggunakan pembalut yang benar supaya kesehatan organ reproduksi seorang wanita tetap terjaga dengan baik.

Revolusi Ilmiah - Memilih pembalut sangat penting untuk seorang wanita subur
Memilih pembalut sangat penting untuk seorang wanita subur. (Foto : ramuanintim)

Tips Cara Memilih Pembalut

Berikut 5 cara memilih pembalut yang baik, mulai dari Memilih permukaan pembalut yang halus sampai dengan Menggunakan pembalut yang tidak mengandung bahan pewangi.
  1. Pilihlah permukaan pembalut yang halus, sehingga tidak menyebabkan iritasi, terutama apabila kondisi sekitar organ reproduksi Anda terlalu lembab. Untuk mengurangi kelembaban, sebaiknya juga memilih pembalut wanita yang mempunyai daya serap tinggi, tidak mengandung pewangi dan tidak terbuat dari bahan yang terlalu padat. 
  2. Apabila anda mengalami Alergi atau iritasi saat menggunakan salah satu jenis/merk pembalut, ini bisa disebabkan karena kulit anda tidak cocok dengan bahan, terlalu tebal atau tipis, pewangi, atau bagian “sayap”. Untuk mengatasi hal tersebut, segera ganti dengan jenis/merk pembalut yang lain.
  3. Menggunakan pembalut hanya satu kali (jangan mencuci untuk selajutnya digunakan kembali), dan maksimal diganti setelah pemakaian 6-8 jam atau tergantung banyaknya darah yang keluar pada saat menstruasi. 
  4. Menggunakan pembalut saat akhir-akhir siklus menstruasi atau saat masa subur. Dan apabila anda ingin menggunakan pembalut setiap hari, perhatikan kondisi vagina, apakah terjadi ganguan (iritasi, alergi, gatal) atau tidak. 
  5. Menggunakan pembalut yang tidak mengandung bahan pewangi, karena akan memicu terjadinya iritasi kulit, terutama bagi pemilik kulit kering.

Tips Menggunakan Pembalut

Setelah memilih pembalut yang baik dan aman untuk Anda, sekarang bagaimana cara menggunakan pembalut secara baik dan benar. Berikut ini 5 tipsnya. 
  1. Sebelum menggunakan pembalut, sebaiknya cucilah tangan dengan bersih terlebih dahulu. Tarik lapisan pembungkus pembalut sampai lepas dari perekat. 
  2. Tempelkan sisi pembalut yang berperekat pada bagian tengah celana dalam bagian bawah. Pastikan pembalut yang akan digunakan menempel seluruhnya pada celana dalam, dari ujung ke ujung pembalut. 
  3. Apabila anda menggunakan pembalut bersayap (wing), lepaskan lapisan pelindung perekat pada sayap tersebut, dan lipat sayap ke sisi luar untuk selanjutnya tempelkan ke samping bawah bagian tengah celana dalam yang akan anda gunakan. 
  4. Ketika anda ingin mengganti pembalut, lepaskan sayapnya lalu tarik perekat pembalut agar terlepas dari celana. 
  5. Sebelum dibuang ketempat sampah, Pastikan mengemas pembalut bekas dengan rapi dengan tisyu dan kemasan pembalut yang akan anda gunakan sebagai pengganti, agar lebih rapi. Jangan membuang pembalut bekas ke dalam toilet karena akan menyebabkan toilet mampet.

Demikian tips aman memilih dan menggunakan pembalut. Semakin maraknya kasus tentang pembalut ini jangan sampai membuat resah masyarakat terutama kaum hawa, malah sebaliknya membangkitkan semangat untuk lebih berhati-hati dan mengetahui dengan pasti kebutuhan diri masing-masing. Kenali diri dengan sebaik-baiknya dan pilihlah yang terbaik untuk diri Anda sendiri. (OKW)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »