5 Manfaat Terong Bagi Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

REVOLUSIILMIAH.COM - Terong merupakan salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk sayur-sayuran. Bagian terong yang dapat digunakan untuk sayur-sayuran adalah buahnya. Tanaman terong bisanya memiliki tinggi antara 40 sampai 150 sentimeter, memiliki daun yang besar dengan lobus yang kasar. Warna bunganya putih sampai ungu dengan mahkota yang memiliki lima lobus. Terong termasuk juga jenis tanaman yang memiliki banyak biji yang kecil dan lembut, biji tersebut dapat dikonsumsi namun rasanya pahit karena mengandung zat nikotin (semacam alkaloid yang ada pada tembakau juga). Pemanfaatan terong selain bertujuan untuk konsumsi semata, ternyata terong juga memiliki manfaat, terutama untuk menjaga kesehatan.

Revolusi Ilmiah - Terong atau Terung sangat bermanfaat bagi kesehatan
Terong atau Terung sangat bermanfaat bagi kesehatan. (Foto : mikrolatek)

5 Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Terong dapat diolah menjadi sayuran yang lezat, misalnya sambal terong, terong goreng tepung dan tumis terong. Selain rasanya yang lezat, kita juga dapat memperoleh manfaat mengkonsumsi terong mulai dari Menurunkan resiko terkena serangan jantung sampai dengan Menjaga kesehatan tulang.

1. Menurunkan resiko Serangan Jantung

Kandungan serat, beta karoten dan anti oksidan yang tinggi membuat terong menjadi salah satu tanaman yang dapat digunakan untuk mencegah seseorang terkena serangan jantung dan gangguan jantung lainnya, terutama bila mengkonsumsinya secara teratur.

2. Mencegah terjadinya Kanker

Salah satu penelitian di Jepang membuktikan bahwa terong atau  merupakan salah satu sayuran yang dapat mencegah resiko kanker. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan inhibitor kanker pada sayuran ini.

3. Mengontrol Gula Darah

Terong adalah sumber makanan yang sangat kaya serat dan karbohidrat larut yang rendah, sehingga terong sangat bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dan mengontrol penyerapan glukosa darah. Terong menjadi salah satu pilihan makanan terbaik bagi orang yang menderita diabetes tipe ke-2.

4. Membantu mencegah Kerusakan Saraf Otak

Salah satu kandungan terong yang dapat membantu mencegah kerusakan otak adalah Fitonutrien. Fitonutrien menjaga membran sel otak dari kerusakan dan pemecahan sel yang terjadi. Dengan terjaganya saraf otak, tentu saja memori dan kesehatan tubuh secara umum dapat terjaga.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kompenen terong yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang adalah Kalsium. Kalsium inilah yang nantinya berperan memperkuat dan mempertahankan kekuatan tulang dan sendi serta mencegah terjadinya osteoporosis pada usia lanjut. Konsumsi terong secara rutin sangat disarankan untuk pencegahan tersebut.

Demikian 5 manfaat terong bagi kesehatan. Makanan yang lezat dan alami ternyata sangat baik untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit yang timbul. Sehingga mempertegas kembali bahwa sebenarnya Sehat itu tidak malah, selama kita mengetahui bagaimana cara yang baik dan benar dalam menjaga kesehatan tersebut, betul? (M-ANT)

Jangan lewatkan :

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »