Kisah Inspirasi, Tingkah Bodoh Monyet Berakibat Fatal

Postingaan kali ini bercerita tentang kisah kebodohan monyet., yang bisa kita ambil pelajarannya. Bagaimana kisahnya ??? simak...

Di Afrika, teknik atau cara berburu monyet begitu unik. hanya menggunakan toples berleher panjang & sempit. Toples itu diisi kacang yg telah diberi aroma. Dengan tujuan untuk menarik perhatian  monyet-monyet untuk datang. Setelah diisi kacang, toples-toples itu ditanam dalam tanah dengan menyisakan mulut toples dibiarkan tanpa tutup. Para pemburu biasa melakukannya di sore hari. Besoknya, para pemburu tinggal meringkus monyet-monyet yang tangannya terjebak di dalam toples dan tidak bisa dikeluarkan. Loh Kok, bisa ?

Kisahnya, monyet-monyet itu tertarik pada aroma yg keluar dari setiap toples. Mereka mengamati lalu memasukkan tangan untuk mengambil kacang-kacang yg ada di dalam. Tapi karena menggenggam kacang, monyet-monyet itu tidak bisa menarik keluar tangannya. Selama mempertahankan kacang-kacang itu, selama itu pula mereka terjebak. Toples itu terlalu berat untuk diangkat. Jadi, monyet-monyet itu tidak akan dapat pergi ke mana-mana.

Mungkin kita akan tertawa melihat tingkah bodoh monyet-monyet itu. Tapi, tanpa sadar sebenamya kita mungkin sedang menertawakan diri sendiri. 

Ya, kadang kita bersikap seperti monyet-monyet itu.

Kita mengenggam erat setiap permasalahan yang kita miliki layaknya monyet mengenggam kacang. Kita sering menyimpan dendam, iri dengki, berprasangka, tak mudah memberi maaf, tak mudah mengampuni. Mulut mungkin berkata ikhlas, tapi bara amarah masih membara di dalam diri. Kita tak pernah bisa melepaskannya. 

Ditambah lagi terkadang, kita bertindak begitu bodoh, membawa “toples-toples”  itu ke mana pun kita pergi. Dengan beban berat itu, kita berusaha untuk terus berjalan. Tanpa sadar, kita sebenarnya sedang terperangkap penyakit kepahitan yang parah.

Sebenarnya monyet-monyet itu bisa saja selamat dengan sangat mudah. Dengan membuka genggaman tangannya, sama halnya kita pun akan selamat dari sakit hati jika sebelum matahari terbenam kita mau melepas semua perasaan negatif yang ada. Lepaskan semua beban yang digenggam ,dan berlari sekencang-kencangnya.


Selamat Membuka Genggaman Sobat…

Edited from: votreesprit.wordpress.com

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »