3 Sumber Vitamin D Pencegah Alzheimer

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Tahukah Anda apa itu Alzheimer? Mulai usia berapa sering kali muncul? Dan bagaimana cara mencegahnya? Alzheimer merupakan kumpulan gejala (sindrom) yang diakibatkan oleh apoptosis (kematian) sel-sel otak pada saat hampir bersamaan, akibat apoptosis tersebut otak tampak mengerut dan mengecil. 

Revolusi Ilmiah - Faktor usia adalah resiko Alzheimer
Gejala yang sering muncul diantaranya : Gangguan memori atau ingatan, Kesulitan dalam melakukan tugas sehari-hari, Disorientasi ruang dan waktu, serta Kesulitan berbicara dan bahasa. Usia yang menjadi salah satu resiko dari Alzheimer adalah diatas 65 Tahun, namun seiring dengan perkembangan jaman dan pola hidup yang kurang sehat, kecenderungan usia pun menjadi berkurang. Cara pencegahan dari Alzheimer menurut Journal of Neurology adalah dengan kecukupan vitamin D disamping pola hidup yang sehat. (Baca juga : Kebiasaan sehat di pagi hari)

Sumber Vitamin D Pencegah Alzheimer

Sebelum kita membahas mengenai pencegahan Alzheimer, ada baiknya kita mengenal pengobatan yang saat ini digunakan untuk mengobati penyakit tersebut, diantaranya : Donepezil, Rivastigmine (Untuk Alzheimer ringan sampai sedang) dan Memantine (Untuk Alzheimer sedang sampai berat), namun secara pasti pemberian dan dosisnya sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

1. Sinar matahari

Sinar matahari yang baik dan disarankan adalah antara pukul 6 sampai 9 pagi. Waktu tersebut dapat diisi dengan kegiatan olahraga, seperti jogging, bersepeda maupun senam. Sinar matahari pada jam tersebut sangat baik dalam membantu pembentukan vitamin D, sedangkan pukul 9 pagi sampai 3 sore dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker kulit.

Revolusi Ilmiah - Ikan salmon sumber omega-3 dan vitamin D

2. Ikan laut

Ikan-ikan seperti ikan tuna, ikan salmon dan minyak ikan secara umum banyak mengandung omega-3. Omega-3 memiliki beberapa manfaat, diantaranya : Meningkatkan kesehatan otak, Menurunkan resiko penyakit jantung, Menyehatkan mata dan Menurunkan kadar kolesterol tinggi. Selain omega-3, ternyata ikan laut tadi juga mengandung vitamin D yang diperlukan untuk proses pencegahan Alzheimer.

3. Makanan dan minuman dengan kandungan vitamin D

Vitamin D terdapat dalam susu, sereal, telur dan udang. Sehingga dalam pencegahan Alzheimer, makanan tersebut dapat menjadi pilihan. Selain vitamin D, makanan yang disebutkan juga mengandung banyak protein, dimana peran protein ini salah satunya adalah membantu mengganti sel-sel yang rusak atau sumber zat pembangun.

Demikian 3 sumber vitamin yang dapat kita peroleh dengan mudah dan terjangkau. Mencegah Alzheimer jauh lebih baik dibandingkan dengan mengobatinya, bahkan secara harga pun juga jauh lebih murah. Memang mencegah jauh lebih baik daripada mengobati dan Sehat itu tidaklah mahal, selama kita mengetahui bagaimana menjaga kesehatan tersebut. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Referensi 1
Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »