Gunung Ontake Jepang Meletus, 30 Orang Lebih Tewas

Revolusi Ilmiah - Tokyo
Gunung Ontake di Jepang meletus pada hari Minggu 28 September 2014. Gunung Ontake adalah salah satu gunung di Jepang, tepatnya di Pulau Honshu kurang lebih 200 Km sebelah barat dari Tokyo, selain Ontake, gunung berapi di Jepang antara lain Gunung Unzen dan Gunung Fuji.

Revolusi Ilmiah - Penyelamatan korban letusan gunung ontake
Akibat letusan Gunung Ontake tersebut, upaya penyelamatan pun dilakukan baik oleh pendaki gunung maupun oleh pihak terkait, bahkan helikopter pun dikerahkan untuk menyelamatkan orang yang tertimbun akibat letusan salah satu gunung berapi di Jepang tersebut. Dilaporkan oleh BBC bahwa minimal 36 orang meninggal dan puluhan orang terluka. Ratusan personil dari pemadam kebakaran, polisi dan tentara dikerahkan untuk penyelamatan tersebut. "Sulit untuk mengetahui apa yang terjadi di gunung Ontake sekarang dan keadaan dapat berubah," kata seorang pejabat kepada Reuters.


 
Letusan kecil pada Gunung Ontake terus terjadi sepanjang hari mulai Sabtu malam, setelah muncul fenomena tersebut lebih dari 200 orang berhasil dievakuasi. Kondisi beberapa orang kesulitan bernapas akibat abu gunung yang terus menyelimuti langit. Kabut putih tebal yang membubung tinggi dari ketinggian 3.067 m gunung berapi tersebut memuntahkan batu dan abu. Selain itu, abu setebal 20 cm menutupi gunung berapi tersebut.
Revolusi Ilmiah - Letusan gunung ontake
Perlu untuk kita ketahui bahwa Gunung Ontake terakhir memuntahkan isinya pada tahun 2007. (mant)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »