Nobel Ekonomi 2014 Diraih Jean Tirole

Revolusi Ilmiah - Stockholm

Nobel Ekonomi 2014 secara resmi diberikan oleh Akademi Nobel (Royal Swedish Academy of Science) kepada Ekonom asal Perancis, Jean Tirole di Sockholm (Senin, 13/10). Akademi Nobel mengatakan bahwa Jean berhasil memahami dan mengatur industri, "Bagaimana memahami dan mengatur industri dengan sejumlah kecil perusahaan yang kuat." Ujar Akademi Nobel. Lanjutnya "Jika hal tersebut dibiarkan tanpa diatur, akan membuahkan hasil yang tidak diinginkan secara sosial, misalnya harga yang lebih tinggi daripada yang didorong oleh biaya, atau perusahaan yang tidak produktif yang bertahan dengan memblokir masuknya perusahaan-perusahaan baru dan lebih produkti."


Revolusi Ilmiah - Jean Tirole penerima Nobel Ekonomi 2014

Jean Tirole

Jean Marcel Tirole lahir 9 Agustus 1953, Dia adalah pimpinan Jean-Jacques Laffont Foundation di Sekolah Ekonomi Touluse, Direktur pendidikan Industrial Economics Institute (IDEI) di Tolouse dan Anggota pendiri Institute for Advanced Study in Tolouse (IAST). Pemikirannya yang kuat dan mendalam dalam analisis kekuatan pasar dan regulasinya membuat banyak kalangan kagum dan salut kepada beliau. Cara pandang beliau tentang ekonomi sangat mempengaruhi cara pemerintah dalam menangani merger dan kartel serta cara mereka mengatur monopoli pada berbagai bisnis, mulai dari telekomunikasi sampai perbankan. Ekonom Perancis berusia 61 Tahun tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu ekonom paling berpengaruh pada zaman ini.

Tirole selain memperoleh Hadiah Nobel Ekonomi 2014 juga mendapatkan hadiah uang sebesar $1,1 Juta serta "Seperangkat Peralatan Baru" dari pekerjaan Tirole jalani saat ini.

Revolusi Ilmiah - Ekonomi selalu berkembang
Itulah buah kerja keras terhadap pemikiran dan keyakinan seorang Jean Tirole untuk dapat merubah cara pandang pasar dan pemerintah. Semoga dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi orang lain terutama para ekonom dan pebisnis yang ingin sukses dalam bidangnya. (mant)

Referensi 1
Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »