5 Manfaat Hebat dan Tips Cara Berenang

REVOLUSIILMIAH.com - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), renang atau berenang artinya menggerakkan badan melintas (mengapung, menyelam) di air dengan menggunakan kaki, tangan, sirip, ekor dan sebagainya. Olahraga berenang sangat populer dan diperlombakan di even-even internasional. Selain prestisius, berenang juga sangat baik dalam menjaga kesehatan. Sehingga tidak sedikit orang yang hobi berenang dan rutin melakukannya setiap minggu. Umumnya kolam renang umum akan penuh setiap hari libur, apalagi ditambah dengan wahana air, sangat mengasyikkan, terutama untuk rekreasi keluarga.

revolusiilmiah.com - Renang perlu dibiasakan sejak kecil
Renang perlu dibiasakan sejak kecil. (Foto : freedigitalphotos)

5 Manfaat Berenang

Itu adalah contoh dari manfaat berenang yang sering kita dapatkan jika kita rutin melakukannya. Namun, tahukah Anda manfaat penting dari Berenang yang mungkin tidak didapatkan dari olahraga yang lain? Dirangkum dari berbagai sumber.

1. Membantu Perkembangan Bayi

Berenang sebaiknya diperkenalkan sedini mungkin, tidak terkecuali saat bayi. Bayi yang diajarkan berenang, akan lebih cepat tumbuh kembangnya terutama untuk saraf motorik, meskipun demikian orang tua tetap harus menjaga keamanan bayi selama berenang.

2. Menjaga Relaksasi saat Hamil

Selain konsumsi dan aktivitas yang cukup, Bunda hamil perlu juga menjaga relaksasi, supaya dalam proses kehamilannya dapat berlangsung secara optimal. Berenang adalah salah satu pilihan untuk menjaga relaksasi dan memperlancar peredaran darah selama hamil. Namun, porsi yang diberikan berbeda dengan Bunda yang dalam kondisi tidak hamil.

3. Mencegah Stroke

Stroke sering dialami oleh orang di atas 40 tahun, dengan faktor pencetus utama adalah tersumbatnya pembuluh darah terutama faktor makanan yang banyak mengandung lemak. Selain itu, peredaran yang tidak lancar dapat pula menjadi faktor resiko terjadinya stroke, oleh karena itu kondisi pembuluh darah dan peredaran darah perlu dijaga dengan baik. Renang adalah salah satu solusinya. Dengan berenang, kondisi tubuh akan terjaga tetap fit dan menjaga supaya tetap lancar.

4. Meninggikan Badan

Jika Anda ingin lebih tinggi pada masa pertumbuhan atau Anak Anda ingin tinggi, selain makan makanan bergizi yang sarat akan kalsium, renang adalah salah satu olahraga yang dapat mewujudkan keinginan Anda tersebut. Dengan berenang, aktivitas otot dan tulang akan dipacu untuk tumbuh secara optimal, sehingga tinggi optimal akan dapat diraih dengan rutin berenang.

5. Lebih Panjang Usia

Tubuh yang fit, lebih bugar, menurunkan stres, menjaga relaksasi tubuh dan menjaga jantung-paru tetap baik adalah beberapa manfaat penting dari Berenang. Dengan manfaat tersebut, dalam kondisi normal dan rutin melakukan renang maka, harapan hidup akan semakin tinggi, dibandingkan dengan orang yang jarang atau tidak berenang sama sekali.

5 Tips Cara Berenang

5 hal berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui untuk seorang pemula yang ingin berenang atau yang perlu dilakukan ketika akan, pada saat atau sesudah berenang.

1. Persiapan awal dan pemanasan

Persiapan awal adalah perlengkapan berenang seperti Kacamata renang, Handuk untuk mengeringkan badan, Sabun, Shampo untuk bilas, Krim pelindung kulit terutama untuk yang kulitnya sensitif. Tak juga bekal makan dan minum yang cukup.Setelah persiapan dirasa lengkap dan cukup, kemudian kita masuk ke kolam renang. Langkah awal adalah pemanasan terlebih dahulu. Tujuan dari pemanasan adalah untuk menghindari dan mencegah dari cedera dan kram. Pemanasan dapat dilakukan dengan lari-lari kecil mengelilingi kolam sebanyak 3-5 kali misalnya, Peregangan otot tangan, kaki, bahu, punggung, pinggang. Pemanasan dilakukan antara 5-15 menit.

2. Pernafasan yang Efektif dan Efisien

Paska Pemanasan, yang perlu diperhatikan adalah teknik penafasan. Latihan teknik pernafasan dapat dilakukan dengan menarik nafas di permukaan air kemudian membuang pelan-pelan di dalam air, kemudian muncul kembali. Semakin sering kita melatih pernafasan tersebut, semakin mahir, efektif dan efisien dalam berenang.

3. Gerakan Tangan dan Kaki

Gerakan tangan dan kaki merupakan hal yang perlu dilatih dan dibiasakan setelah teknik pernafasan. Gerakan tangan dan kaki dapat dilatih secara sendiri-sendiri atau bersamaan, misalnya latihan gerakan kaki dengan memegang pipa pegangan di pinggir kolam. Untuk gerakan tangan, bisa dibantu dengan papan seluncur.

4. Latihan Meluncur

Meluncur perlu mendapat perhatian khusus dalam latihan berenang. Selain mengurangi resiko cedera, meluncur juga sangat diperlukan dalam menolong saudara yang tidak bisa berenang atau proses menyelamatkan diri. Latihan meluncur dapat dibantu dengan papan seluncur.

5. Latihan Keseluruhan

Nomer 1 sampai 4 perlu dilatih secara rutin dan terus menerus. Sehingga ritme dan gerakan akan semakin "halus" dan lancar. Tanpa latihan rutin serta keberanian mencoba, rasanya sulit untuk bisa terampil dalam berenang.

Demikian manfaat dan tips cara berenang, semoga kita dapat merutinkan olahraga berenang ini secara pribadi maupun keluarga, supaya keluarga tetap fit, sehat dan panjang umur, betul? (OKW)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »