6 Tips Cara Belajar yang Mudah

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat. Belajar merupakan salah satu aktivitas untuk mendapatkan ilmu melalui pelajaran-pelajaran yang diberikan, baik dalam kelas maupun di luar kelas, di dalam rumah maupun di luar rumah. Dimana pun tempat bisa dijadikan sarana untuk belajar, sehingga selain perlu untuk mempersiapkan materi pelajaran dengan baik, juga perlu mempersiapkan beberapa hal-hal berikut ini sehingga, belajar menjadi mudah, efektif dan efisien.

Revolusi Ilmiah - Belajar menyenangkan
Belajar menyenangkan. (Foto : supplierbahanhangunan.com)

Cara Belajar Mudah

Berikut adalah 6 cara belajar yang mudah seperti diungkapkan dalam "How to study in six simple steps" oleh dummies.com.

1. Ruang kosong

Ruang kosong di sini berarti suatu ruangan yang khusus untuk belajar, baik itu kelas maupun ruangan di rumah sehingga secara otomatis dapat dibiasakan dengan tempat tersebut. Dengan adanya ruang kosong yang khusus untuk belajar, menjadikan pelajaran-pelajaran mudah masuk dan jauh lebih nyaman.

2. Tempat yang kondusif

Tempat yang kondusif untuk belajar perlu diciptakan, dimanapun dan kapanpun sebenarnya kita dapat belajar, namun menciptakan tempat yang kondusif perlu untuk diusahakan. Tempat yang kondusif tidak harus juga yang sepi, tetapi tempat yang dapat mendukung proses belajar dan memahami materi pelajaran yang diberikan.

3. Lama belajar

Belajar yang efektif tidaklah harus berlama-lama, baik posisi duduk maupun berdiri. Lama belajar ditentukan oleh materi dan praktek belajar, namun pelajaran yang efektif umumnya tidak lebih dari 2 jam pelajaran, dengan waktu utama adalah 15 menit awal dan 15 menit akhir. Belajar yang terlalu lama juga dapat menciptakan suasana bosan, begitu juga belajar yang terlalu singkat membuat materi yang diberikan pun tidak tuntas dan mengambang.

4. Menyiapkan materi yang mudah diingat

Kita harus memahami kebiasaan otak dalam mengingat pelajaran dalam proses belajar. Umumnya materi pelajaran yang mudah diingat adalah awal pelajaran dan akhir pelajaran, sedangkan materi yang kurang diingat adalah pada saat pertengahan. Kebiasaan yang umum tersebut perlu untuk diketahui, sehingga dalam belajar, kita dapat menyelipkan beberapa kegiatan pada pertengahan baik dengan relaksasi maupun istirahat sebentar.

5. Metode belajar

Metode belajar yang umum adalah audio (suara), visual (gambar atau video) dan kinestetik (gerak). Setiap orang memiliki metode belajar yang berbeda, meskipun tidak ada satu pun yang fokus pada satu metode belajar. Hal tersebut perlu untuk diketahui dan digunakan dalam proses belajar, outcome yang akan didapatkan adalah belajar lebih menyenangkan, pelajaran mudah diserap dan dipahami serta mencegah terjadinya kebosanan dalam belajar.

Revolusi Ilmiah - Contoh peta pikiran
Contoh peta pikiran. (Foto : art-is-fun.com)

6. Mind mapping (Peta pikiran)

Peta pikiran merupakan suatu cara yang ringkas dalam mengingat pelajaran-pelajaran penting. Dalam peta pikiran, akan ditunjukkan suatu alur pikiran pada seseorang terahadap pelajaran yang sedang dipelajari, karena sifatnya personil sehingga peta pikiran dapat berbeda-beda pada seseorang. Mulailah dengan sesuatu yang simple atau mudah, kemudian berkembang menjadi suatu peta pikiran yang lebih rumit dan komplek.

Demikian 6 tips cara belajar yang mudah, semoga dapat dijadikan masukan supaya pembelajaran kita dan anak-anak dapat lebih efektif, nyaman, mudah dan menyenangkan. Orang tua perlu untuk memahami juga minat dan bakat seorang anak selain cara belajar tadi, guna mempermudah mereka meraih apa yang dicita-citakan sesuai dengan minat dan bakat tersebut. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Referensi 1

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »