5 Tips Alami Memutihkan Ketiak dan Selangkangan

REVOLUSIILMIAH.COM - Sebagian orang beranggapan bahwa ketiak dan selangkangan tidaklah terlalu penting dari segi penampilan, mereka lebih memperdulikan bagaimana ketiak dan selangkangan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Namun, bagi orang yang menyenangi estetika maupun mereka yang harus menampilkan kedua bagian tersebut, misalnya artis. Mau tidak mau mereka harus menjaga kedua bagian tersebut supaya terlihat sehat, putih dan bersih. Berbagai cara dilakukan untuk memperoleh hal demikian, mulai dari kosmetik sampai harus menggunakan obat-obatan yang mahal harganya. Tapi ternyata, ada cara alami yang dapat kita gunakan untuk memperoleh ketiak dan selangkangan yang sehat, putih dan bersih.

Revolusi Ilmiah - Timun dapat membantu memutihkan ketiak dan selangkangan
Timun dapat membantu memutihkan ketiak dan selangkangan. (Foto : freedigitalphotos)

Penyebab Ketiak Menghitam

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan kulit ketiak menghitam, yaitu :
  1. Sering mencabuti bulu ketiak
  2. Sel kulit yang mati
  3. Goresan pakaian
  4. Hiperpigmentasi
  5. Hormonal
  6. Bahan Kimia

Penyebab Selangkangan Menghitam

Sedangkan selangkangan dapat menghitam disebabkan oleh hal-hal berikut :
  1. Iritasi dan peradangan pada kulit selangkangan
  2. Pengaruh hormonal
  3. Kurang menjaga kebersihan
  4. Suka menggaruk bagian selangkangan
  5. Gesekan dengan celana dalam
  6. Penyakit kulit di selangkangan seperti jamur

5 Tips Alami Memutihkan Ketiak dan Selangkangan

Putih secara alami dan sehat perlu diusahakan untuk ketiak dan selangkangan, selain meningkatkan percaya diri ternyata ketiak dan selangkangan yang sehat juga dapat dijadikan indikator kesehatan tubuh secara umum. Berikut tipsnya :

1. Mentimun

Mentimun banyak manfaatnya untuk kesehatan. Selain buahnya yang terasa segar dan banyak mengandung vitamin C, ternyata mentimun juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan ketiak dan selangkangan.
Caranya : Ambil mentimun, kemudian blender atau haluskan. Hasil blender atau halusan mentimun ditempelkan pada ketiak dan selangkangan selama kurang lebih 10 menit. Lakukan rutin 2 kali sehari sampai kondisi kulit ketiak dan selangkangan membaik.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa selain digunakan untuk keperluan sehari-hari, dengan kandungan vitamin E nya dapat pula digunakan untuk mengatasi kulit ketiak dan selangkangan yang menghitam.
Caranya : Ambil minyak kelapa secukupnya kemudian oleskan pada bagian ketiak dan selangkangan, tunggu 5-10 menit lalu bilas dengan air mengalir. Minimal 1 kali sehari.

3. Kulit Jeruk

Kulit jeruk sering diabaikan begitu saja. Namun ternyata kulit tersebut banyak mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kulit, termasuk kulit ketiak dan selangkangan.
Caranya : Ambil kulit jeruk, kemudian parut kulit tersebut. Setelah diperoleh parutannya, oleskan pada bagian ketiak dan selangkangan yang berwarna kehitaman. Tunggu kurang lebih 5 menit. Ulangi minimal 1 kali sehari.

4. Bengkoang

Bengkoang merupakan salah satu buah untuk membuat rujak, rasanya pun enak. Selain enak untuk dikonsumsi, kandungan vitamin yang ada dalam bengkoang ternyata dapat membantu memutihkan ketiak dan selangkangan.
Caranya : Ambil buah bengkoang kemudian parut. Oleskan pada bagian ketiak dan selangkangan, tunggu 5 menit, ulangi minimal 1 hari sekali sampai kondisi kulit ketiak dan selangkangan membaik.

5. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bumbu masakan, selain itu juga kunyit dapat dimanfaatkan untuk membantu memutihkan kulit ketiak dan selangkangan. Caranya adalah dengan mengkonsumsi kunyit rutin setiap hari, maka khasiat kunyit dapat dirasakan untuk memutihkan kedua bagian tersebut.

Demikian Tips menjaga ketiak dan selangkangan supaya tetap sehat, putih dan bersih dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat. Meskipun demikian, sebaiknya bagian tersebut perlu juga untuk dirawat dan dijaga misalnya dengan Tidak menggunakan pakaian ketak, Tidak menggunakan pemutih sembarangan, Pola hidup dan makan yang sehat. Apabila keluhan masih berlanjut silakan untuk segera mengkonsultasikan dan mengkontrolkan kepada Dokter terdekat Anda. (OKW)

Referensi : 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »