Fenomena Google Doodle Semarakkan 70 Tahun Kemerdekaan RI

REVOLUSIILMIAH.com - Google Doodle hari ini (17/8) menampilkan semarak kemerdekaan RI yang ke-70, secara kasat dapat dilihat perubahan warna Google, dari yang biasanya berwarna biru, merah, hijau dan orange, berubah menjadi logo Google dengan balutan warna merah putih, ditambah dengan huruf "O" dalam kata Google diganti dengan dua tokoh penting kemerdekaan "Sang Dwitunggal Prokalamator RI" Soekarno dan Mohammad Hatta. Suatu pemandangan yang unik dan merupakan salah satu apresiasi dan hadiah istimewa Google terhadap Negara RI yang bekerja sama dengan perusahaan besar dunia bermarkas di Mountain View, Amerika Serikat tersebut. Logo tersebut apabila diklik akan mengarahkan kepada hasil Search Hari Kemerdekaan Indonesia.

revolusiilmiah.com - Google Doodle HUT RI Ke-70
Google Doodle HUT RI Ke-70

Apresiasi Google Doodle Terhadap Kemerdekaan RI

Doodle artinya Menyenangkan, Mengejutkan. Program Google Doodle pertama kali lahir dari pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin tahun 1998, untuk memperingati suatu kelahiran dari peristiwa yang penting. Ide tersebut berkembang seiring dengan perkembangan Google yang pesat di seluruh dunia. Sampai saat ini sudah lebih dari 1000 logo Google Doodle yang telah diciptakan di seluruh dunia. Tidak ketinggalan, Indonesia sebagai salah satu negara mitra Google, mendapat apresiasi dari Google, berikut beberapa Doodle yang pernah dibuat oleh Google untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI.
revolusiilmiah.com - Panjat Pinang jadi desain untuk Doodle tahun 2011
Panjat Pinang jadi desain untuk Doodle tahun 2011.

1. Tahun 2011 atau HUT RI ke-66

Pada Tahun 2011, Google memperingati HUT RI Ke-66 dengan desain Doodle yang menampilkan lomba Panjat Pinang.

revolusiilmiah.com - Balap Karung dan Makan Kerupuk pada Google Doodle
Balap Karung dan Makan Kerupuk pada Google Doodle.

2. Tahun 2012 atau HUT RI Ke-67

Pada tahun ini, Doodle secara atraktif menampilkan Lomba khas 17-an yaitu Balap Karung dan Lomba Makan Kerupuk serta Uang Koin.

revolusiilmiah.com - Doodle HUT RI Ke-68
Doodle HUT RI Ke-68.

3. Tahun 2013 atau HUT RI Ke-68

Balutan merah putih menghiasi warna Google Doodle tanggal 17 Agustus 2013 disertai dengan perubahan Huruf O kedua dengan Burung Garuda.

revolusiilmiah.com - HUT RI Ke-69 Upacara Bendera
HUT RI Ke-69 Upacara Bendera.

4. Tahun 2014 atau HUT RI Ke-69

Tahun 2014 menampilkan Google Doodle dengan Pengibaran Bendera Merah Putih oleh 2 orang siswa SD dengan balutan keanekaragaman Suku dan Rumah Adat yang mempercantik desain tersebut.

Sejarah Buruk Google Doodle Memperingati HUT RI
Kontroversi sejarah Google Doodle memperingati HUT RI terjadi pada pembuatan desain mereka untuk HUT yang ke-68, memang sekilas apresiasi google terhadap RI begitu tinggi, namun apabila dilihat lebih detail, gambar burung garuda yang ditampilkan tidaklah sama bahkan cenderung "Melecehkan" jika dibandingkan dengan lambang asli Burung Garuda. Namun kabarnya, pihak Google sudah memberikan konfirmasi dan permintaan maaf atas desain yang telah dibuat oleh jajaran Google.

#RI70 dan #70thGenggamDunia

Di Twitter, Semarak Kemerdekaan RI terus menggema, bahkan dua tanggar RI70 dan 70thGenggamDunia menjadi trending topik dunia (TTWW) Pukul 10.00 WIB. Sebuah apresiasi luar biasa dari Dunia terhadap kemerdekaan RI. TTWW adalah Trending Topic World Wide artinya topik yang paling banyak diperbincangkan oleh dunia twitter (twitland) pada Menit tersebut di seluruh dunia. "Happy independence day my lovely country. Dirgahayu Republik Indonesia" Kicauan salah satu pengguna twitter.

Bagaimana Sobat, sungguh luar biasa terkenalnya bukan Negara Republik Indonesia? Jika cita-cita para pejuang dapat diwujudkan dan dilaksanakan tentunya Negara ini tidak hanya akan terkenal saja, tetapi dapat menjadi salah satu Negara Panutan dan Mercusuar Dunia, setujukah Anda? (OKW)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »