Penanganan Demam Pada Anak

REVOLUSIILMIAH.COM - Anak seringkali demam tinggi. Hal tersebut tentu saja ada penyebabnya, orang tua diharapkan untuk tidak panik menghadapi anak yang sedang demam tinggi (Di atas 37,5 derajat Celcius). Langkah berikutnya adalah, lakukan tindakan segera untuk dibawa ke IGD atau Telepon 119 jika anak mengalami demam disertai hal berikut :
  • Kesulitan bernafas
  • Pada Bayi usia kurang dari 3 bulan
  • Batuk yang berat atau kesulitan bernafas
  • Nyeri sekali pada telinga
  • Demam tidak membaik setelah pemberian terapi sampai dengan 10 hari

Revolusi Ilmiah - Anak demam dan orang tuanya
Anak demam dan orang tuanya. (Foto : freedigitalphotos)

Penanganan Demam pada Anak

Berikut langkah awal yang dapat dilakukan orang tua apabila anak mengalami demam selain kondisi darurat yang disebutkan di atas :

1. Bersihkan Lendir

Anak demam terkadang disebabkan karena ada peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan lendir pada hidung dan mulut yang berlebihan. Langkah yang dapat dilakukan diantaranya :
  • Gunakan aspirator untuk mengambil lendir yang ada dalam hidung bayi.
  • Jika anak sudah mampu menyembulkan lendir melalui hidung, bimbing mereka untuk mengeluarkan lendir tersebut.

2. Gunakan Uap Air Hangat

Fungsi dari uap air hangat adalah mengkondisikan tubuh anak supaya tetap segar. Tidak mengalami hipotermi atau kedinginan.

3. Cukupi Kebutuhan Cairan

Sebisa mungkin selama demam, kebutuhan cairan pada anak tercukupi sehingga tidak mengalami dehidrasi. Dehidrasi yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan secara umum dan apabila kondisinya berat dapat membahayakan keselamatan anak. Cairan dapat diberikan dalam bentuk Jus buah segar, Sayur Sup maupun Minum air putih hangat.

4. Tangani Demam dan Nyeri

Penanganan demam dan nyeri yang terjadi diantaranya :
  • Berikan obat turun panas semisal Parasetamol dan Ibuprofen jika anak mengalami demam di atas 38 derajat Celcius.
  • Ulangi pemberian obat turun panas dan nyeri tersebut jika dalam 4-6 jam demam yang dialami tidak mengalami penurunan atau bahkan bertambah suhunya.
  • Kompres dengan air hangat. Jangan menggunakan kompres dingin.

5. Tangani Gejala yang Menyertai

Selain demam dan nyeri, gejala-gejala seperti pusing, mual dan muntah perlu juga ditangani untuk membuat sang anak lebih merasa nyaman sehingga demam yang dialami akan cepat turun. Mual dan muntah dapat diberikan Antasida Syrup 3x1 sebelum makan, maupun Domperidone Syrup 2x1 (Sesuai dosis). Selain obat, memposisikan anak setengah duduk juga dapat membantu membuat anak lebih nyaman. Selain itu juga menghindari hal-hal yang dapat memperberat gejala yang timbul semisal Asap rokok, Asap kendaraan, Debu, Makanan yang kotor, Tangan yang kotor.

Silakan tanyakan pada kolom komentar jika ada pertanyaan terkait bahasan yang sudah saya uraikan.

Penulis : dr. Agung Hari Wibowo

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »