Hidroponik 1-Pertanyaan yang Sering Muncul Mengenai Hidroponik

Pc 1. pH meter (agromaret.com)

Apakah Hidroponik?
Hidroponik adalah metode bercock tanam tanpa menggunakan media tanah, seperti : kerikil, gambut, vermiculite, perlite, ban karet tua, rockwool dan agregasi tanah liat. Mineral yang tanaman butuhkan dilarutkan ke dalam air yang kemudian disalurkan ke tanaman. Jadi, singkatnya tanaman tidak mencari mineral melalui tanah tetapi secara langsung berasal dari air yang alirkan ke tanaman tersebut.

Apakah itu pH?
Sebuah ukuran untuk asam atau basa dari sebuah Larutan, angka 7 menunjukkan Larutan yang netral, jika meningkat maka akan meningkatkan kebasaan dan jika turun akan meningkatkan keasaman. Kami merekomendasikan untuk Larutan pada pH 6,5 karena itu merupakan pH yang mengkondisikan Nutrisi paling mudah larut.

Apakah itu PPM?
PPM adalah Parts Per Million, dapat digunakan untuk mengukur hal-hal yang berbeda. Terutama dalam dunia hidroponik, ukuran tersebut digunakan untuk mengukur jumlah total benda yang terlarut dalam Larutan Nutrisi atau berapa banyak CO2 dalam atmosfer.

Apakah itu EC?
EC adalah sebuah unit untuk mengukur Electrical Conductivity dari sebuah Larutan. EC meter menggunakan sebuah voltase listrik untuk Larutan dan membaca daya konduksinya yang diproduksi dari pergerakan ion-ion mineral.

Apakah perbedaan Sodium Tekanan Tinggi dan Metal Halide?
Perbedaan antara dua tipe cahaya HID (High Intensity Discharge) adalah warna spektrum yang di pancarkan masing-masing. Lampu Sodium Tekanan Tinggi memancarkan cahaya yang terkonsentrasi pada spektrum merah sampai kuning dan lemah pada blue-viole end. Sementara lampu Metal Halide memancarkan cahaya yang sangat seimbang dan mengandung seluruh energi pada ujung gelombang dari dari panjang gelombang spektrum yang terlihat. Lampu Sodium akan tampak sangat Kuning-Orange dan Lampu Halide akan tampil lebih berwarna Biru-Putih.

Lebih baik Menggunakan Sodium atau Halida?
Lampu-lampu Halida memiliki sebuah spektrum yang sangat seimbang dan bagus untuk pertumbuhan atau daun tanaman vegetatif seperti selada dan kemangi. Lampu Halida memproduksi antara 65-115 lumen per watt yang merupakan ukuran efisiensi dari bola lampu, atau berapa banyak cahaya yang anda hasilkan untuk kelistrikan yang anda gunakan. Lampu Sodium menghasilkan cahaya yang sangat terang dan terfokus pada kuning sampai merah pada spektrum warna. Warna ini kurang seimbang dibandingkan Halida tetapi dapat membantu kekurangan spektrum yang seimbang dalam jumlah cahaya yang dilepaskan oleh bola lampu. Bola lampu Sodium menghasilkan antara 97 sampai 150 lumen per watt yang lebih tinggi dibandingkan Bola lampu Halida. Bola lampu Sodium lebih lama dalam penggunaan dan lebih efisien sementara Halida sangat baik dalam distribusi spektrum, sehingga keputusan anda adalah tergantung dari apa yang paling penting buat anda.
Pc 2. Lampu Halida (ridhomadfreak.blogspot.com)
Mengapa orang menggunakan Metal Halida untuk Pertumbuhan Vegetatif dan Sodium Tekanan Tinggi untuk Berbunga?
Banyak orang mengganti-ganti bola lampu untuk tingkatan pertumbuhan yang berbeda dengan berbagai alasan. Pertama, Bola lampu Sodium dikenal untuk membuat beberapa tanaman tumbuh mendatar dan berbaring karena spektrum kuning sampai merah yang mereka pancarkan. Metal Halida cenderung untuk menjaga tanaman ini lebih kuat dengan jarak minimal antara internode. Jadi beberapa penanam menggunakan cahaya Metal Halida selama pertumbuhan vegetatif untuk menjaga struktrur pertumbuhan dari tanaman tetap baik dan kuat. Tetapi mereka menggantinya ke cahaya Sodium ketika tanaman tersebut mulai berbunga karena cahaya Sodium menghasilkan cahaya yang lebih banyak dibandingkan Halida. Meskipun demikian Sodium tidak memiliki spektrum yang baik dibandingkan Halida, pencahayaan intensif yang dipancarkan Sodium membantu pertumbuhan bunga dan buah. Jangan sampai terkecoh juga, bahwa kamu dapat menggunakan kedua cahaya tersebut sepanjang hidup tanaman dan mendapatkan hasil yang baik.
Berapa ukuran Lampu yang sebaiknya saya beli?
Pertama kali yang anda perlu lakukan adalah menenentukan apa jenis Square Footage yang anda gunakan. Jangan hanya menentukan seluruh ruangan, tentukan area tanaman yang yang anda butuhkan untuk menutup dan panjang x lebar untuk mendapatkan Square Footage. Sekarang, anda akan mencoba dan mencapai minimal 30 watt per kaki persegi. Jadi jika anda mempunyai area 4 x 4 sehingga didapatkan 16 kaki persegi dan diperlukan 480 watt. Jadi untuk sebuah area 4 x 4 kaki anda membutuhkan minimal cahaya 480 watt. Perlu diingat meskipun secara perhitungan demikian, namun tergantung dari tanaman, karena beberapa tanaman suka banyak cahaya dan beberapa yang lain suka sedikit cahaya. (M-ANT)


Bersambung... Hidroponik 2-Pertanyaan yang Sering Muncul Mengenai Hidroponik
Diedit dari hydroponics.net

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »