Pilih Mode Transportasi dengan Bijak Yuk

Info HIdup Sehat - Bersepeda
Revolusi Ilmiah - Salam Sehat
Macet merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lainnya. Pertumbuhan volume kendaraan yang tidak diimbangi dengan sarana dan prasarana transportasi membuat kemacetan kian bertambah parah.
Kemacetan selain membuat kerugian dalam waktu juga memperburuk kualitas udara di kota. Kualitas bahan bakar minyak (BBM) yang mengandung timbal serta emisi kendaraan bermotor yang menghasilkan karbondioksida adalah beberapa faktor yang membuat udara tercemar.
Macam Transportasi
Meskipun pencemaran udara bukan mutlak disebabkan oleh emisi kendaraan namun sebaiknya kita mulai sadar untuk mengurangi emisi kendaraan dengan hal-hal berikut :
  1. Hindari bepergian dengan pesawat terbang apabila jarak tempuh kurang dari 500km.
  2. Pergunakan sepeda untuk perjalanan jarak dekat, selain bermanfaat dalam menghemat energi, juga karena tidak memakai BBM dan yang pasti membuat tubuh anda bugar dan segar.
  3. Tinggalkan mobil di rumah apabila melakukan perjalanan yang tidak jauh.
  4. Bila anda menyukai menggunakan mobil sendiri, jangan bersikap egois dengan bepergian sendiri. Sebagai contoh, jika anda pergi ke kantor, ajak tetangga atau rekan anda yang arah tujuannya sejalan dengan anda.
  5. Apabila anda hendak membeli mobil, pertimbangkan untuk membeli kendaraan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. selain menghemat uang, anda berarti turut berpartisipasi menyelamatkan bumi dari emisi CO2.
  6. Pergunakan kendaraan umum untuk perjalanan jauh. Transportasi umum merupakan cara terbaik untuk mengurangi emisi karbondioksida dari kendaraan.
  7. Jangan pelit menggunakan BBM bebas timbal.
Bagi anda yang menggunakan mobil pribadi, berikut ada tips yang harus diperhatikan dalam penghematan BBM :
  •  Matikan mobil apabila menunggu atau berhenti lebih dari 30 detik.
  • Cobalah mengurangi jarak tempuh anda. Sebagai contoh pergunakan kendaraan antar jemput bersama untuk ke kantor atau ke sekolah.
  • Cek tekanan ban mobil. Tekanan ban yang kurang 0,5 bar dari tekanan normal akan meningkatkan penggunaan bahan bakar sebesar 5%.
  • Usahakan untuk tidak memanaskan mobil dalam posisi berhenti. Mobil akan cepat panas apabila dikendarai dan itu tidak menghemat bahan bakar. Lebih baik panaskan mobil sebentar saja.
  • Hindari menggunakan rem secara mendadak karena konsumsi bahan bakar akan menjadi tidak stabil dan membuat boros.
  • Turunkan bagasi yang terlampau berat. Berat bagasi 100kg akan menambah penggunaan bahan bakar 1 liter lebih banyak dalam jarak 100kmg.
Demikian beberapa tips dalam memilih moda transportasi dan penggunakan mobil yang bijak. Mari kita selamatkan Bumi dari emisi gas bebahaya. Jadilah orang yang memiliki peran besar ataupun kecil dalam menyelamatkan Bumi. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »