4 Tips Merubah Rasa Malas menjadi Tindakan Produktif

Pc 1. Tolak malas (naufalibnuts.wordpress.com)
Rasa Malas merupakan hal yang wajar pada manusia. Namun terkadang rasa tersebut berlebihan, sehingga membuat semua pekerjaan yang hendak kita laksanakan menjadi terbengkalai atau sia-sia, mulai dari pekerjaan rumah, sampai pekerjaan kantor ataupun dinas, dan pada akhirnya kita menyesali terhadap apa yang kita kerjakan. Nah dibawah ini akan dijelaskan beberapa tips mengenai bagaimana merubah rasa malas yang membuat pekerjaan kita terbengkalai menjadi tindakan-tindakan yang produktif.
  1. Hiduplah secara Terorganisir. Mengorganisir pekerjaan yang sedang dan akan kita lakukan, sebaiknya perlu dilakukan, mulai bangun tidur sampai tidur lagi, dengan harapan tidak ada pekerjaan yang penting terlewatkan. Orang sukses dan besar semacam presiden, perdana menteri yang mengurusi sebuah negara, memiliki rencana kerja ataupun agenda kerja yang sudah dibuat sejak jauh-jauh hari, sehingga hal yang penting tidak terlewatkan. Oleh karena itu, untuk menghindari rasa malas, mari kita buat agenda kerja kita sesuai dengan skala prioritas pekerjaan kita.
  2. Mengevaluasi Agenda dan Kegiatan Sebelum Tidur Malam. Setelah kita membuat agenda kerja dan melaksanakannya pada hari tersebut, alangkah baiknya kita melakukan evaluasi terhadap apa yang telah kita kerjakan, Hal ini penting terutama untuk menciptakan kondisi tidur yang nyaman serta dapat membuat rencana kegiatan ke depan yang jauh lebih baik. Dan tentu saja komitmen untuk menjadi orang yang lebih baik haruslah selalu tertanam dalam diri kita guna mencegah rasa malas.
  3. Menyelesaikan Hal-hal yang Prioritas dan Mudah Terlebih Dahulu. Dalam melaksanakan agenda kerja yang kita buat, sebaiknya kita menyelesaikan hal-hal yang mudah dengan skala prioritas tinggi. Dengan membiasakan melakukan pekerjaan tersebut maka, pekerjaan yang lebih besar dapat menjadi terasa ringan dan pekerjaan yang bukan prioritas dapat pula kita kerjaan. Satu hal lagi adalah jangan suka kita menunda pekerjaan.
  4. Menyadari Betapa Pentingnya Waktu. Jika kita ingin sukses maka harus sadar pentingnya waktu. Waktu yang diberikan Tuhan 24 jam sehari itu sangat terbatas untuk mengurus dana melaksanakan beban pekerjaan yang teramat besar. Bagi orang yang menyadari pentingnya waktu, dia akan sukses karena ia sadar secara total bahwa waktu merupakan anugrahkan Tuhan yang harus dijalani dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat dalam hidup.
Demikian 4 tips merubah rasa malas menjadi tindakan-tindakan produktif yang berguna baik bagi diri kita, keluarga, lingkungan masyarakat, bangsa dan negara. Semoga bermanfaa, apabila ada tips lain dari anda, silakan ditulis dalam komentar dibawah. (M-ANT)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »