Info dan Tips Pemberian MP-ASI yang Optimal

Kesehatan - Memperkenalkan MP-ASI

Damai Sejahtera Nusantara,

Pada kesempatan kali ini, dibahas mengenai Makanan Pendamping ASI atau MP-ASI, dalam beberapa kasus, banyak Bung dan Bunda yang belum mengetahui tentang pentingnya MP-ASI dan bagaimana pemberian MP-ASI yang baik dan benar, menurut who secara ringkas dapat diuraikan sebagai berikut:


1. Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) bertujuan untuk tumbuh kembang bayi secara optimal.

2. MP-ASI terlalu dini atau terlambat menjadi salah satu faktoryang berkontribusi terhadap kematian bayi, terkait kekurangan gizi, selain kualitas MP-ASI yang rendah.

3. Global Strategy for Infant and Young Child Feeding menyampaikan bahwa pemberian MP-ASI terlambat (lebih dari 7 Bulan) berpotensi menyebabkan seorang bayi gagal tumbuh, defisiensi zat besi. Sedangkan pemberian MP-ASI yang terlalu dini (kurang dari 4 Bulan) beresiko menyebabkan diare dan dehidrasi, resiko yang lain adalah produksi ASI menurun, timbul sensitisasi alergi serta berdampak terhadap tumbuh kembang bayi.

4. Sangat disarankan untuk setiap bayi mendapatkan ASI eksklusif 6 bulan (karena ASI cukup memenuhi kebutuhan bayi sampai usia 6 Bulan) dan pemberian ASI sampai usia 2 Tahun.

5. Bagi Bung dan Bunda yang terlambat mengenalkan makan/MP-ASI dapat mengakibatkan kesulitan makan di tahap selanjutnya.

6.  ASI saja sudah tidak mencukupi kebutuhan energi bayi lebih dari 6 bulan, sebaiknya MP-ASI mulai "diperkenalkan" pada usia 4-6 bulan. Kesiapan makan ditandai dengan bayi dapat menegakkan kepalanya. Disinilah makan merupakan salah satu unsur penting dalam pendidikan dan psikologi.

Kesehatan - Contoh Makanan Pendamping ASI

7. Makanan pertama yang perlu diperkenalkan adalah tepung beras yang dicampur dengan ASI atau susu yang biasa diminumnya. Tekstur dan konsistensinya diberikan bertahap sesuai usia dan kemampuan bayi.

8. Diberikan secara urut dari makanan cair (bubu susu), makanan lumat (bubur tim), makanan lunak (nasi lembek) atau yang dapat digigit seperti biskuit, sampai makanan keluarga.

9. Salah satu ukuran pemberian makan yang baik dan benar adalah kenaikan berat badan bayi, yaitu:
  • Trimester I: 750-900 gram/bulan
  • Trimester II: 600 gram/bulan
  • Trimester III: 450 gram/bulan
  • Trimester IV: 200-300 gram/bulan
  • Lebih dari 1 Tahun: 2 kg/tahun



Demikian info dan tips tentang pemberian MP-ASI yang baik dan benar. Bukankah anak merupakan amanat yang harus kita jaga dengan sebaik-baiknya? Oleh karena itu ikuti tahap perkembangan anak dengan baik dan benar, jangan semaunya sendiri. Semoga tulisan ini bermanfaat. Jika ada tambahan, kritik dan saran silakan dituliskan di kolom komentar.

Damai Sejahtera Nusantara.

Edited from: Bung Budi Lasmono Dr. Sp.P (WA)
Picture from: 
1. makananbayi.org
2. ummushofiyya.wordpress.com

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »