Cara Sukses Menjadi Pemimpin Sejuta Umat (Part 4)




PANDAI DALAM MEMOTIVASI


Memotivasi adalah suatu bentuk upaya untuk membuat pengikut-pengikut yang bejuang di dalam satu komunitas dengan sendirinya muncul dari sanubari mereka dalam kondisi bersemangat dan tetap bergelora dalam melaksanakan tugas, untuk menyukseskan program-program yang telah ditentukanan.


Upaya untuk selalu memotivasi merupakan satu pilar kepemimpinan yang terpenting. Karena itu, keberhasilan anda meraih penghormatan, kepercayaan, kecintaan, loyalitas, dan produktivitas orang lain akan tergantung kepada sejauh mana anda dalam memotivasi mereka. Seberapa pengaruh anda terhadap orang lain? Itu yang perlu difikirkan sebagai seorang pemimpin.


Teori tebaik dalam memotivasi mengandung unsur-unsur sebagai berikut:

  1. Menjelaskan visi jangka panjang dan membuat para pengikut meyakininya.
  2. Menjelaskan tujuan dan membantu para pengikut untuk memahami dan memformulasinya sendiri, serta menjelaskan peran mereka dalam merealisasikannya.
  3. Menyediakan ruang untuk partisipasi dan dialog dengan para pengikut dalam membuat keputusan yang menyangkut nasib mereka, dan selalu memberitahu mereka perkembangan keadaan.
  4. Menghormati dan menghargai para pengikut, serta memperhatikan kebutuhan mereka dan menjaga transparansi dengan mereka.
  5. Memberikan wewenang yang luas, dan kepercayaan yang tinggi bagi para pengikut untuk menjalankan tugas mereka sehingga mereka bertanggung jawabatas hasil-hasilnya
  6. Pemimpin menjadi teladan bagi para pengikut, jujur, berakhlak baik, adil, dan rendah hati dalam berinteraksi dengan orang-orang sekitarnya.
  7. Mengubah titik-titik kelemahan setiap individu menjadi titik-titik kekuatan.

Ada banyak pendekatan dalam memotivasi. Ada orang yang memotivasi dengan gelar-gelar profesional, ada orang dimotivasi dengan penyampaian visi futuristik, ada yang menggunakan tokoh sejarah, ada juga yang menggunakan cara untuk menyelami diri sesorang yang akan dimotivasi, dan lain sebagainya.


Kepandaian dan kecerdasan pemimpin dalam memberikan motivasi kepada pengikutnya adalah kunci dari kesuksesan atau hari kemenangan yang dinanti. (r.a)
kembali...


Bentar setiarto, ---revolusi ilmiah---


Inspirasi : “Mencetak Pemimpin - DR.Thariq M. As-Suwaidan”

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »