3 Tips Perilaku yang Membuat Hidup Sehat (CaDok 4-1)

Kesehatan - Bersama Teman-Teman by Revolusi Ilmiah

Salatiga-Salam Sehat,
Selamat Siang pembaca setia Revolusi Ilmiah, pada seri CaDok 4 kali ini saya akan membahas mengenai Tips Perilaku yang membuat hidup sehat, dibagi menjadi 2 seri supaya penjelasannya bisa lebih detail dan fokus, karena kita ingin supaya kesehatan kita bisa kita jaga dengan baik dan benar. Pada seri yang pertama ini, saya menyampaikan 3 perilaku yang sebaiknya kita lakukan supaya hidup kita ini sehat, sebagai referensi bisa juga dibaca tips bagaimana memiliki gaya hidup yang sehat.

Secara umum, dengan membiasakan diri untuk berperilaku sehat sebenarnya kita mengambil peran untuk sehat dari sudut pencegahan dan disinilah harga atau cost nya paling murah dibandingkan dengan pengobatan maupun rehabilitasi, oleh karena itu sangatlah disarankan untuk masing-masing kita dapat  melakukan dengan kesadaran penuh mengenai perilaku sehat tersebut. Tanpa dibiasakan, rasanya akan sulit untuk melaksanakannya. Bukankah dari kita ingin hidup dengan sehat dalam jangka waktu yang relatif lama (kalau bisa sampai umur 80 tahun) dengan kualitas hidup yang "Terbaik"?

1. Membiasakan Diri Memakan Makanan yang Beraneka Ragam/Bervariasi. Membiasakan diri untuk memakan makanan yang bervariasi merupakan salah satu dari pedoman gizi seimbang, dimana dengan kita memakan makanan yang bervariasi diharapkan kekurangan salah satu zat gizi di salah satu makanan dapat dipenuhi melalui makanan yang lain. Lagipula, faktor rasa bosan terhadap salah satu jenis makanan dapat muncul apabila sajian makan monoton, yang itu itu terus, betul kan? Oleh karena itu pandai-pandai lah kita mengatur menu makan, tentu saja kita sesuaikan dengan "kantong" yang ada. Kebutuhan zat yang terkandung dalam makanan sebagai kebutuhan tubuh diantaranya Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin dan Mineral terdapat dalam berbagai jenis makanan, tidak hanya pada salah satu jenis saja, dan satu jenis makanan tidak mungkin memenuhi semua zat tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila kita mulai membiasakan memakan makanan bervariasi diantaranya:
  • Sebaiknya makan makanan yang mengandung sumber Karbohidrat setengah dari kebutuhan. Hal ini penting supaya kita mendapatkan tubuh atau berat badan yang ideal, tidak gemuk, tidak pula kurus.
  • Gunakanlah Garam yang Beryodium, Hal tersebut penting karena Garam yang Beryodium ternyata dapat mencegah Penyakit Gondok, Mencegah hambatan perkembangan anak dan Mempengaruhi kecerdasan anak. Sehingga disarankan untuk menggunakan dan memilih garam yang terdapat label Garam Beryodium dengan sertifikasi resmi.
  • Disarankan makanlah sesuai usia dan kebutuhan tubuh. Usia sangat berpengaruh terhadap kebutuhan makan dan sebaiknya kita memahami hal tersebut, misalnya usai anak, kebutuhan makan rata-rata setengah dari kebutuhan dewasa, begitu pula usia lansia lebih sedikit dari usia dewasa, kondisi Hamil dan Menyusui kebutuhannya hampir 2 kali dari kebutuhan dewasa.
  • Makanlah makanan yang dalam kondisi segar atau dengan pengolahan yang minimal. Sangat disarankan apabila kita membiasakan diri untuk memakan makanan dalam kondisi segar, semisal sayur dan buah yang segar (kalau bisa setelah dipetik dari pohon), dimana kandungan zat gizinya masih utuh, atau apabila perlu untuk diolah, sebaiknya jangan sampai dilakukan intervensi yang berlebihan dan dimasak ber ulang-ulang, karena hal tersebut tentu saja membuat zat gizi makanan berkurang bahkan bisa hilang zat gizinya.

2. Membiasakan Diri Melakukan Olahraga yang Terukur dan Teratur. Olahraga merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan untuk kita lakukan dengan terukur dan teratur, karena apabila seseorang melakukan olahraga yang terukur dan teratur, maka akan diperoleh tubuh yang fit, bugar dan sehat. Terukur artinya Olahraga disesuaikan dengan kebutuhan yang ingin kita peroleh disesuaikan dengan usia dan kondisi tubuh. Teratur bermakna bahwa setiap kegiatan olahraga kita sebaiknya rutin diulang setiap 2-3 hari sekali dengan frekuensi rata-rata 15-30 menit. Manfaat lain yang bisa kita peroleh apabila kita melakukan Olahraga yang teratur dan terukur diantaranya: Kesehatan fisik secara umum akan lebih baik dari sebelumnya (silakan dibandingkan setelah membuat program olahraga terukur dan teratur dibandingkan dengan sebelumnya), Tubuh akan terasa lebih segar dan bugar, Bentuk tubuh ideal akan kita peroleh, Lebih percaya diri, Masa otot akan lebih baik dan Tulang juga akan sehat, Terasa akan lebih bertenaga tidak mudah capek dan lelah, Mengcegah penyakit jantung, stroke, osteoporosis dan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu mulailah kita membiasakan melakukan olahraga yang terukur dan teratur sesuai kebutuhan dan kondisi kita.

3. Membiasakan Diri untuk Mengendalikan Stress. Stress disini bermakna suatu tekanan dalam Hal Psikis. Hal tersebut disebabkan oleh banyak hal, misalnya: Faktor usia (menjadi tua), Faktor keluarga, Faktor keuangan, Faktor pekerjaan, Faktor masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya suatu kendali terhadap stress tersebut yang kita sering kenal dengan Manajemen Stress, bukankah setiap kita ingin tampil prima dan awet muda? Mari kita coba perhatikan ke-18 hal tentang Manajemen Stress
  • Melakukan Check Kesehatan secara rutin
  • Menikah dan mempunyai pasangan hidup yang sah
  • Tidur siang antara 20-30 menit
  • Manfaatkan waktu yang berkualitas bersama teman-teman
  • Menjadi lebih religius dan melakukan meditasi sendiri
  • Mengembangkan minat atau hobi baru yang sesuai dengan kebutuhan
  • Gunakan manajemen waktu, jangan menyianyiakan waktu dengan hal yang tidak bermanfaat
  • Berfikir untuk keluar dari kebiasaan yang monoton
  • Atur keuangan dengan baik
  • Praktekkan seni meditasi dan relaksasi
  • Membiasakan senyum dengan baik dan benar
  • Memperbaiki kemampuan berkomunikasi
  • Membiasakan untuk bergerak atau berolahraga (seperti pada Tips nomer 2)
  • Hindari mengkonsumsi alkohol atau minuman keras lainnya.
  • Ubah pola makan menjadi makanan yang sehat dan disukai (seperti pada Tips nomer 1)
  • Berhenti merokok
  • Berfikir positif
  • Berfikir baik terhadap diri sendiri

Demikian 3 Tips awal bagaimana perilaku yang sebaiknya kita lakukan untuk membuat hidup kita sehat, selanjutnya akan kita bahas 3 tips lanjutan mengenai perilaku yang membuat hidup sehat, tetap ikuti seri berikutnya di Revolusi Ilmiah. (M-ANT)

Picture From: RobbyKW Properties (Manfaatkan waktu yang berkualitas bersama teman-teman)

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »