Geger, Penampakan Danau "Darah"



Revolusi Ilmiah - Danau merah

Ada informasi yang menarik nih sahabat revolusi. Satelit Google Earth menangkap sebuah gambar danau yang berwarna serupa darah di wilayah Kota Sadr, Irak.


Danau misterius ini menimbulkan berbagai spekulasi tentang sumber dari keberadaan warna merah yang serupa darah itu. Sampai saat ini belum ada keterangan resmi akan hal tersebut.

Seperti dilaporkan Howzit MSN Travel, meskipun dari atas terlihat warna air danau tampak seperti darah, tetapi banyak ahli yang meragukan kalau warna merah tersebut berasal dari darah. Melihat luas danau yang sebegitu besarnya, pasti membutuhkan darah dalam jumlah yang sangat banyak untuk membuat warna airnya menjadi semerah itu. Selain itu darah sungguhan akan cenderung berwarna kecokelatan jika sudah mulai membusuk.


Teori yang cukup masuk akal adalah warna merah serupa darah tersebut disebabkan karena sejenis bakteri atau ganggang yang tubuhnya mengeluarkan pigmen berwarna merah. Bakteri seperti ini merupakan golongan mikroorganisme halofili. Biasanya hidup di danau atau kolam yang mengandung kadar garam tinggi. Jika terpapar sinar matahari, halofili akan berfotosintesis dan menghasilkan pigmen merah.


Fenomena danau darah tersebut cukup menggegerkan penghuni dunia maya, semenjak fotonya di unggah tahun 2007 silam. (r.a)

Edited from: merdeka.com

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »