3 Bahaya Tidur dekat Smartphone

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat

Smartphone atau ponsel pintar merupakan salah satu tren masa kini yang sedang naik daun, hampir tidak ada kalangan baik muda-tua yang tidak mengenai ponsel pintar ini. Selain memiliki manfaat seperti mempermudah komunikasi, penyimpanan, permainan maupun keamanan ternyata ponsel pintar ini juga memiliki dampak yang kurang baik terhadap kesehatan, terutama bagi mereka yang kurang mengerti tentang ponsel pintar ini dari segi radiasi sinar dan sinyal yang terdapat dalam ponsel ini.
Revolusi Ilmiah - Bahaya tidur dekat dengan ponsel pintar

Bahaya Tidur Dekat Dengan Smartphone

Bahaya smartphone terkait dengan radiasi dari ponsel ini perlu kita kaji, terutama bagi mereka yang senang sekali tidur berdekatan dengan ponsel pintarnya. Diambil dari daily mail.

1. Memicu kegemukan

Pada saat istirahat, terutama malam hari tubuh menghasilkan hormon yang dapat mengatur konversi makanan dan minuman yang dapat menjadi energi. Namun apabila pada saat istirahat tersebut ada ponsel pintar didekat tubuh maka ponsel tersebut akan mengeluarkan cahaya ambient dari lampu ponsel sehingga mengganggu pelepasan melatonin dan mencegah tubuh untuk membakar makanan secara efisien menjadi energi.

2. Mengganggu tidur

Revolusi Ilmiah - Tidur tidak nyaman
Panjang gelombang pendek yang dipancarkan oleh ponsel pintar terutama pada saat pengisian beterai terkadang mengganggu kondisi tidur pada beberapa orang, selain itu juga membuat terbangun/interupted saat tidur.

3. Mengganggu metabolisme tubuh

Berkaitan dengan tidur yang tidak nyenyak atau sering terbangun sehingga mengganggu metabolisme tubuh. Pola tidur yang kurang baik memicu terjadinya diabetes dan obesitas.
Sehingga disarankan untuk mematikan ponsel pintar, tablet atau komputer menjelang tidur guna mengurangi pancaran sinar atau radiasi dari mereka, atau minimal jauh dari tempat tidur. Bukankah mencegah jauh lebih baik daripada mengobati? Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »