Ternyata, Siswa Tiongkok Memiliki Etos Kerja Tinggi

Revolusi Ilmiah - London

Salah satu hal yang menjadi penentu kesuksesan seseorang adalah pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Pendidikan itu sendiri sebenarnya adalah pembelajaran mengenai pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan yang ditransfer dari seorang atau sekelompok orang kepada orang lain melalui pengajaran, pelatihan dan penelitian. Ruang lingkup pendidikan sangatlah luas, sehingga tidak terbatas hanya di kelas atau sekolah saja, maupun melalui bimbingan orang lain ataupun otodidak, tapi dimanapun dan kapanpun pendidikan dapat dilaksanakan

Revolusi Ilmiah - Siswa Tiongkok unggul dalam pendidikan

Kesuksesan Pendidikan pada Orang Tiongkok

Saat ini salah satu benua yang menjadi primadona karena perkembangannya yang cepat disamping jumlah penduduk yang terbanyak adalah Asia. Tidak ketinggalan pula perkembangan pendidikan para murid dari kawasan tersebut. Sebuah Institusi Pendidikan di London meneliti bahwa prestasi sejumlah murid dari Tiongkk dan negara Asia Timur lainnya cenderung tinggi dan mendominasi sejumlah peringkat internasional dalam dunia pendidikan, penelitian tersebut di dasarkan pada nilai pelajaran matematika dari 14.000 remaja di Australia yang mengikuti tes Programme of International Student Assessment (PISA). Hasilnya, anak-anak dari keluarga Asia Timur terutama Tiongkok jauh lebih berprestasi dibandingkan dengan keluarga di Asutralia atau pendatang lainnya seperti Inggris dan prestasi sejumlah murid yang berasal dari Tiongkok cukup diperhitungkan di Australia. Beberapa keluarga dari Asia Timur seperti Tiongkok, Korea dan Jepang sukses memasukkan anak-anak mereka di sekolah-sekolah yang bagus di Australia, berbeda dengan para murid dari negara lain yang perlu diberikan tambahan enam jam di rumah setiap minggunya.

Revolusi Ilmiah - Etos kerja dan keyakinan membuahkan sukses
Ternyata, faktor yang dominan adalah karena anak-anak dari Tiongkok khususnya memiliki etos kerja yang tinggi serta keyakinan akan keberhasilan dalam setiap kegiatan dan pendidikan yang dilakukan. "Mereka memiliki etos kerja yang sangat kuat dan percaya bahwa mereka bisa berhasil jika berusaha cukup keras," kata penelitian tersebut.

Kalau belajar dengan etos kerja yang tinggi dan keyakinan yang kuat dapat menjadikan seorang anak Tiongkok sukses di negeri perantauan, bagaimana kalau kita juga menerapkan hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari, kesuksesan pastinya akan kita dapatkan, betul?. (mant)

Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »