6 Tips Cara Berfikir Positif

Revolusi Ilmiah - Salam Sehat

Dalam hidup ini, terkadang manusia mengalami hal-hal yang menggembirakan, maupun sebaliknya hal-hal yang menyedihkan. Hal-hal tersebut adalah wajar dalam kehidupan. Semua itu tergantung dari apa yang melandasi seseorang untuk berfikir menghadapi hal-hal tersebut untuk selanjutnya melakukan tindakan dalam menyelesaikan permasalahannya. Apa yang dipikirkan oleh seseorang baik disadari maupun tidak, akan menjadi perbuatan yang dilakukan, oleh karena itu perlu mengembangkan pola pikir yang positif, supaya apapun yang dikerjakan bernilai positif pula, jangan sebaliknya.

Revolusi Ilmiah - Berfikir positif

Tips Cara Berfikir Positif

Berikut beberapa cara supaya kita tetap berfikiran positif, sehingga gerak langkah kita pun juga positif adanya, diambil dari berbagai sumber dan pengalaman.

1. Katakan hal-hal positif pada diri sendiri

Kata-kata seperti "Saya hebat, saya pasti bisa, saya kuat, saya berani dan saya cerdas" ataupun kata-kata positif lainnya, perlu untuk diucapkan terus menerus kepada diri sendiri, kapanpun dan dimanapun (secara wajar tentunya). Dengan cara seperti itu harapannya adalah diri menjadi lebih percaya diri dan befikir positif terhadap segala sesuatu, sehingga aktivitas dan kerja menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Fokus pada hal-hal positif

Begitu banyaknya "aksesori-aksesori" kehidupan ini, sehingga terkadang manusia sulit untuk berkonsentrasi terhadap suatu hal, banyak keinginan, mudah merubah keinginan dan kurang teguh pendirian, sehingga seseorang sulit untuk berkonsentrasi terhadap sesuatu. Untuk menimbulkan pikiran positif tentu saja hal tersebut tidak boleh terjadi, oleh karena itu befikirlah dan lakukanlah hal-hal positif dengan penuh fokus, perhatian dan konsentrasi, sehingga betul-betul menciptkan kondisi fikiran yang positif.

3. Hiduplah pada saat ini

Masa lalu dan masa depan terkadang melingkupi pikiran kita, namun jangan sampai pikiran itu terus mendominasi alam pikir kita, karena dengan pikiran yang terdominasi baik itu masa lalu maupun masa depan, seseorang sulit untuk berfikir positif masa kini apalagi gambaran masa lalu dan depan adalah hal-hal yang sifatnya buruk atau negatif. Oleh karena itu, bijaklah berfikir masa lalu dan masa depan.

Revolusi Ilmiah - Aktivitas ketahanan dan kemandirian pangan

4. Aktivitas positif sebanyak-banyaknya

Jika anda adalah seseorang yang berkecimpung di masyarakat yang multikultur seperti di Indonesia, maka lakukanlah hal-hal yang sifatnya positif, karena tanpa sikap yang positif apalagi lebih mengedepankan SARA maka bisa jadi anda akan melanggar hukum atau adat. Dengan melakukan hal-hal yang sifatnya positif, sebenarnya kita juga membentuk pola pikir yang positif pula, sebaliknya dengan melakukan hal negatif, negatif pula lah pola pikir yang terbentuk.

5. Merubah cara pandang

Sudah menjadi hal yang biasa apabila dalam pekerjaan maupun aktivitas yang lain, tidak berjalan sebagaimana mestinya, atau berbeda dengan keinginan kita, namun hal tersebut perlu untuk diatasi supaya pikiran kita tetap berfikir positif yaitu dengan merubah sudut pandang terhadap hal tersebut, misalnya "Kegagalan adalah Keberhasilan yang tertunda".

6. Hadapi rasa takut, jangan hindari

Rasa takut adalah rasa yang wajar dan ada pada diri seseorang baik itu takut terhadap diri sendiri, keluarga, tetangga, sahabat maupun bangsa, jangan sampai rasa itu menguasai kita. Oleh karena itu rasa takut perlu untuk dikendalikan, sehingga pikiran positif tetap terjaga.

Demikian 6 hal yang perlu diperhatikan supaya pikiran tetap positif, sekali lagi dengan berfikir positif maka ucapan dan perbuatan kita pun akan positif. Salah satu semboyan pramuka yang bisa menjadi renungan kita adalah "Suci dalam fikiran, perkataan dan perbuatan", satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Tetap Semangat dan Jaga Kesehatan. (M-ANT)

Referensi 1
Gambar 1, 2

Please Share and Comment ↓

Related Posts

Previous
Next Post »